Gibran Rakabuming Bocorkan, Kaesang Pangarep Ingin Terjun ke Politik

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep foto : istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, tertarik juga mengikuti jejak ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, masuk dunia politik. Kaesang sudah mengungkapkan keinginannya itu, ke Jokowi dan Gibran.

Niat Kaesang masuk politik itu diungkap oleh Gibran. Kata Gibran, Kaesang mengungkapkan keinginannya masuk politik saat makan bersama keluarga besar Jokowi, di Solo, Senin (23/1). Menurut Gibran, saat itu, Kaesang tiba-tiba menyatakan tertarik ke dunia politik.

IMG-20220125-WA0002

“Saya ya kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya bahwa dia ada ketertarikan ke dunia politik,” tutur Gibran di Balai Kota Solo

Wali Kota Solo itu belum mengetahui alasan Kaesang tiba-tiba ingin terjun ke dunia politik. Gibran juga belum mengorek lebih jauh soal itu ke Kaesang. Sebab,biasanya, founder ‘Sang Pisang’ itu, tidak pernah menyinggung soal politik saat bersama keluarga.

BACA JUGA  Ini yang Dibahas Megawati dan Jokowi di Batutulis Bogor

Saat mendengar niat Kaesang ini, Jokowi juga kaget. Namun, Jokowi sepertinya tak mempermasalahkan hal itu.

“(Jokowi) Kaget. Setelah kaget, ya lanjut makan lagi,” ungkap Gibran

Gibran menduga, adiknya itu baru sebatas penjajakan, masih tanya-tanya. Menurut Gibran, ketertarikan itu mungkin mencuat karena sering diajak atau dilibatkan untuk melihat kondisi perkembangan pembangunan kota dalam berbagai kegiatan, terutama di Kota Solo.

“Kan kemarin memang kita ajak juga (tinjauan) di Solo Safari, Solo Techno Park, Ngarsopuro. Dan ternyata ya bisa gitu memunculkan keinginan. Pokoke(pokoknya) ada ketertarikan gitu bagi dia untuk ikut membantu membangun,” kata Gibran.

Gibran mengaku, tak pernah mendorong adiknya untuk terjun ke politik. Sambil bergurau, jika benar Kaesang menjadi politisi, nantinya Gibran yang akan merasa rugi

BACA JUGA  Cak Imin: Saya Enggak Ngotot Penundaan Pemilu, Hanya Usulan

“Aku ora(tidak) komen apa-apa. Aku ya ora ndorong-ndorong. Saya juga tidak mendukung, ndak. (Nanti) malah nambah-nambahi saingan,” kata Gibran.

Namun, ia menilai, Kaesang mampu jika ingin masuk dunia politik. Menurutnya, Kaesang termasuk anak muda yang cepat belajar. Kaesang juga memiliki pemahaman dan kemampuan tentang manajemen dengan baik. Ia mencontohkan hal itu dapat terlihat dari Kaesang yang saat ini memimpin Persis Solo.

Keinginan Kaesang ini disambut baik Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Menurut Hasto, politik bukan dunia rimba. Politik adalah sarana untuk memajukan kesejahteraan rakyat. Politik juga banyak macamnya, tidak sebatas perebutan kekuasaan.

“Ada politik kebudayaan untuk membangun peradaban Indonesia. Ada politik pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Ada politik berdikari yang memajukan kesejahteraan umum, dan lainnya,” ujar Hasto.(04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *