Heboh! Ustadz Abi Azkakia Dakwah Lewat E-sport, Ganti Umpatan dengan Dzikir

Ustadz Abi Azkakia saat sedang berdakwah lewat Mobile Legends. Foto: (Instagram/@abi_azkakia)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Dalam beberapa hari terakhir lini masa TikTok sedang diramaikan dengan kehadiran Ustadz Abi Azkakia yang berdakwah lewat Mobile Legends. Ustadz Abi Azkakia kerap melakukan live streaming Mobile Legends di TikTok sambil menyampaikan dakwah tentang Islam.

Salah satu dakwah yang menjadi ciri khas Ustadz Abi Azkakia adalah mengubah kata umpatan menjadi dzikir, Kehadiran Ustadz Abi Azkakia cukup menyita perhatian para pecinta Mobile Legends.

IMG-20220125-WA0002

Tak sedikit penonton yang hadir menonton sambil mengikuti dzikir yang dilontarkan Ustadz Abi Azkakia. Baru-baru ini dia diundang ke podcast esports Empetalk milik Jonathan Liandi.

Di podcast tersebut, Ustadz Abi Azkakia bercerita bagaimana awal mula dirinya mengenal Mobile Legends hingga akhirnya memutuskan streaming di TikTok

Awal mula Ustadz Abi Azkakia kenal dengan Mobile Legends adalah melalui anak didiknya.

Dalam kelasnya, dia melihat anak didiknya asyik bermain Mobile Legends sampai mengucapkan kata kasar.

Ustadz Abi Azkakia pun penasaran kenapa game tersebut bisa membuat anak-anak berkata kasar hingga akhirnya dia mencobanya.

Lancelot menjadi hero pertama yang dia gunakan ketika mencoba bermain Mobile Legends.

“Saya main nih pertama emang kalo kita mati sampai tiga kali ternyata benar emosi saya juga tapi dalam hati saya tahan,” ujarnya seperti dikutip dari channel YouTube Jonathan Liandi, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya orang-orang dengan mudah berkata kasar itu karena telah terbiasa. Untuk itu dirinya hadir demi mencoba mengurangi perkataan kasar ketika sedang bermain game

“Kita berdakwah lewat esports ini karena tawarannya memang paling rame di situ. Banyak yang minta supaya kita mengembalikan sopan santun di Mobile Legends,” terang Ustadz Abi Azkakia.

“Sekarang mulai masuk kontrak untuk live supaya kita mempromosikan dakwah lewat esports karena kalo kita dakwah di musholla nggak ada yang denger,” lanjutnya.

Dakwah lewat Mobile Legends ini diakui Ustadz Abi Azkakia merupakan salah satu upaya untuk merangkul anak-anak muda yang selama ini jarang mendengarkan ceramah

Rupanya Gaya dakwah Ustadz Abi Azkakia juga disesuaikan dengan game Mobile Legends. Ia kerap mengganti nama sejumlah hero dengan nama-nama islami.

“Aurora jadi Siti Arofah, Irithel jadi Siti Irifah ini adik kakak. Lalu ada Selena jadi Sakinah, Hilda ada skin yang knalpot kita menyebutnya wanita berknalpot ‘Mawadah’, Lalu Wan-Wan itu Warahmah,” terang Ustadz Abi Azkakia.

Bahkan dia juga menyebut para penontonnya dengan sebutan Jamaah Gaming dan ketika sudah berkumpul menjadi Majelis Nurul Legends.

“Parah jamaah yang hadir di Majelis Nurul Legends itu selalu kita ajak untuk beristighfar,” ucapnya.

Hadirnya Ustadz Abi Azkakia ini menjadi bukti bahwa game Mobile Legends tak selalu memberi dampak negatif.

Ke depannya diharapkan dakwah lewat Mobile Legends ini bisa mengurangi tingkat toxic yang ada di dalam gamenya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.