Berita  

Helikopter Buatan Prancis Ini Siap Terbang Antar Jokowi

Helikopter
Helikopter baru Presiden Jokowi pengganti Super Puma/dok.Biro Pers Setkab

Jakarta,SudutPandang.id-Bukan hanya mobil dinas baru yang sudah dipersiapkan untuk kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam melaksanakan tugas kenegaraan. Namun juga sebuah pesawat helikopter yang sudah siap terbang untuk kegiatan kepresidenan.

Sebelum lepas landas menuju Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Presiden Jokowi menyempatkan meninjau helikopter milik TNI Angkatan Udara ini, di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (12/1/2020).

IMG-20220125-WA0002

Pesawat Helikopter berjenis EC-725 AP/Caracal ini akan menggantikan peran sementara Helikopter Super Puma yang selama ini digunakan Jokowi.

“Presiden tadi melihat Heli Caracal miliki TNI Angkatan Udara. Beliau melihat situasi di dalam pesawat, termasuk menanyakan masalah safety pesawat,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Hadi juga menjelaskan, helikopter tersebut untuk sementara akan menggantikan helikopter Super Puma TNI-AU yang sementara masuk perawatan.

Helikopter baru Presiden Jokowi
Helikopter baru Presiden Jokowi pengganti Super Puma/dok.Biro Pers Setkab

Helikopter ini merupakan helikopter angkut sedang serbaguna buatan Airbus Helicopters Prancis. Memiliki panjang 19,5 meter dan mampu memuat 2.200 kilogram beban barang atau 28 pasukan bersenjata lengkap.

Pesawat yang bisa diawaki hingga 6 orang tersebut memiliki kecepatan naik 1.670 kaki/menit dengan kecepatan maksimum 175 knots atau setara 324 km/jam dan kecepatan jelajah 152 knots atau 281,5 km/jam. Helikopter ini mampu terbang dengan ketinggian 25.000 kaki dengan jarak jelajah maksimum 526 nautical mile.(gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.