Hemmen
Berita  

Inilah Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Negara

Ilustrasi

Jakarta, SudutPandang.id-Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, akhirnya Dewan Juri sayembara desain ibu kota begara (IKN) baru mengumumkan hasilnya.

Keluar sebagai pemenangnya adalah Nagara Rimba Nusa dengan nomor peserta IKN-0014J. Karya desainnya terinspirasi dari kepulauan di Nusantara (archipelago).

Kemudian untuk pemenang terbaik kedua adalah The Infinite City dengan nomor peserta IKN-0831W. Lalu pemenang terbaik ketiga jatuh kepada Kota Seribu Galur dengan nomor peserta IKN-0317B.

Sementara untuk pemenang harapan pertama dan kedua jatuh kepada Zamrud Khatulistiwa (IKN-0574P) dan Banua Rakyat Nusantara (IKN-0690X).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyaksikan langsung pengumuman ini. Menteri Basuki mengaku bangga sekaligus terharu. Pasalnya, penetapan ini merupakan momentum bersejarah.

BACA JUGA  PUPR Belum Terima Usulan, Tarif Tol Tak Naik Sampai Akhir Tahun?

“Di ruangan ini kita membuat sejarah Indonesia karena kita akan mulai dengan pekerjaan yang besar, memindahkan ibu kota negara,” kata Basuki dalam sambutannya di Kementerian PUPR, Senin (23/12/2019).

“Saya bangga kepada yang sudah berperan serta, aktif dalam gagasan desain ibu kota baru kita. Ini baru awal sejarah yang kita buat,” sambung Basuki.

Ia turut mengapresiasi seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam sayembara ini. Totalnya ada 755 peserta yang mengikuti kompetisi. Dirinya memohon maaf kepada peserta yang tidak terpilih.

Para pemenang sayembara IKN berhak mendapatkan hadiah. Juara I Rp 2 miliar, Juara II Rp 1,25 miliar, Juara III Rp 1 miliar, Harapan I Rp 500 juta dan Harapan II Rp 250 juta

BACA JUGA  Produser Proaktif Bikin Nana Mardiana Dangdutan Lagi

Sayembara IKN diikuti 755 peserta dari hampir seluruh provinsi Indonesia, termasuk mereka yang berasal dari luar negeri. Hingga batas waktu pengiriman, yaitu 29 November 2019 sudah terkumpul 292 karya. (gus)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan