JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Mikha Tambayong, selebritas Indonesia didaulat sebagai Duta Pariwisata Taiwan pertama di Indonesia. Gadis cantik keturunan Minahasa dan Ambon itu mengaku tersanjung untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Taiwan yang menurutnya sangat luar biasa.
Pengumuman Mikha Tambayong menjadi Duta Pariwisata Taiwan pertama di Indonesia berlangsung di Jakarta, Jumat (21/2/2025) sore. Pada acara tersebut juga ditayangkan film video promosi pariwisata Mikha Tambayong.
Acara yang diselenggarakan oleh Taiwan Tourism Bureau M.O.T.C, dihadiri langsung Representative Taipei Economic and Trade Office (TETO) Mr. Bruce Hung (洪振榮) dan Direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta, Mr Zhou Shi bi.
Pada kesempatan itu, Mikha Tambayong secara simbolis menerima mahkota bunga sebagai simbol kehormatan Duta Taiwan pertama di Indonesia oleh Bruce Hung. Ia juga dipakaikan selempang oleh Direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta, Mr. Zhou Shi-bi.
Dalam konferensi pers, Mikha mengungkapkan kekagumannya dengan pesona Taiwan. Ia pun ingin kembali mengunjungi Taiwan. Ia pun sangat merekomendasikan kepada warga Indonesia bahwa Taiwan adalah destinasi luar biasa di dunia. Hal ini sejalan dengan tema acara “Saatnya Berkunjung ke Taiwan”.
“Rencananya saya akan mengadakan serangkaian kegiatan promosi di Indonesia pada tahun ini, dengan harapan bahwa Taiwan menjadi kenangan terindah di hati masyarakat Indonesia, serta menarik lebih banyak wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Taiwan,” tuturnya.
Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara dengan lebih dari 270 juta penduduk yang terdiri dari beragam suku bangsa. Memiliki lebih dari 30 juta warga keturunan Tionghoa dan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Indonesia juga merupakan salah satu pasar wisatawan yang sangat potensial bagi Taiwan.
“Halo semuanya! Hari ini, saya merasa sangat terhormat berada di sini untuk membawa kabar baik (pengumuman penunjukan sebagai Duta Pariwisata Taiwan) yang menggembirakan kepada teman-teman Indonesia kami,” ujar Direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta, Mr. Zhou Shi-bi kepada awak media.
Kepada awak media, Representative TETO Mr. Bruce Hung mengaku optimis jumlah warga Indonesia yang mengunjungi Taiwan akan terus melonjak.
“Kami targetkan naik 100 persen dengan melakukan promosi dan pembenahan lainnya, terutama masalah makanan halal,” ujar Mr. Bruce Hung.
Sebagai informasi, untuk meningkatkan brand pariwisata Taiwan di wilayah Indonesia, Taiwan Tourism Bureau membuka Taiwan Tourism Service Office di Jakarta pada tahun 2024 dan aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan promosi. Dari Januari hingga November 2024, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan telah melebihi 200.000 orang, meningkat 11,92% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Selain Mikha, empat influencer lainnya juga akan segera meluncurkan video promosi untuk mempromosikan empat tema utama pariwisata Taiwan: Kuliner, Gaya Hidup Sehat, Belanja, dan Perjalanan Romantis. Diharapkan, dengan daya tarik dan pengaruh para selebriti Indonesia ini, masyarakat Indonesia dapat merasakan “Taiwan Waves of Wonder” dan mengetahui bahwa Taiwan adalah destinasi yang menyenangkan sepanjang tahun, tidak peduli itu musim semi, musim panas, musim gugur, ataupun musim dingin.
Serangkaian video promosi ini akan dimulai pada kuartal pertama 2025 dan akan dipromosikan melalui berbagai platform online, papan elektronik luar ruangan, serta pameran dan kegiatan promosi lainnya. Kampanye ini juga akan diperkuat melalui berbagai platform media di Indonesia. Pihak penyelenggara berharap, dengan proyek promosi video pariwisata Taiwan ini, lebih banyak masyarakat Indonesia akan jatuh cinta pada Taiwan dan memicu gelombang kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan.(tim)