Hemmen

Juara 1 LCCM 2023, SMPN 255 Jakarta Harumkan Nama DKI di Tingkat Nasional

SMPN 255 Jakarta Juara 1 LCCM 2023
Tim LCCM SMPN 255 Jakarta Rizki Adhi Permana (ketiga kiri), Arkana Adis Pratama (kedua kiri) dan Ismail Permata Yorsandhi (ketiga kanan) bersama Plt. Kepala SMPN 255 Heru Purnomo (kanan), Guru Pembimbing Tri Rahmawati Erma Puspita Asri (kedua kiri) dan Suwarti (kiri). Foto: istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – SMPN 255 Jakarta mengharumkan nama Provinsi DKI Jakarta dalam ajang Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) 2023 SLTP Tingkat Nasional.

Tim LCCM Provinsi DKI Jakarta terdiri dari Rizki Adhi Permana, Arkana Adis Pratama dan Ismail Permata Yorsandhi berhasil meraih juara 1 dalam lomba tersebut.

Kemenkumham Bali

Babak final berlangsung di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemendikbudristek Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Dalam babak final, ketiga siswa kelas 9 tersebut memperoleh skor 3.450. Unggul dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang menempati juara 2 dengan skor 3.000 dan Daerah Istimewa Yogyakarta juara 3 dengan skor 1.700.

Tim LCCM DKI Jakarta mendapatkan Piala Mahavidya dan uang pembinaan sebesar Rp 35 juta.

Sementara Juara Harapan 1 diperoleh Provinsi Lampung, Harapan 2 Provinsi Kalimantan Utara dan Harapan 3 Provinsi Banten.

Plt Kepala SMPN 255 Jakarta Heru Purnomo bersyukur atas raihan prestasi anak didiknya.

“Alhamdulillah Tim LCCM SMPN 255 selaku perwakilan Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara 1 LCCM Tingkat Nasional. Semua berkat doa dan perjuangan tim yang luar biasa, selamat dan untuk kalian anak-anak hebat, ini adalah prestasi yang membanggakan bagi kita semua,” ucap Heru Purnomo.

BACA JUGA  Booking Bioskop, SMPN 255 Jakarta Gelar Nobar Film Tegar

Heru menuturkan, untuk menjadi juara tingkat nasional membutuhkan waktu panjang, keseriusan, kesabaran dan disiplin dalam berlatih.

“Kami SMPN 255 sering menjadi juara tingkat provinsi, selanjutnya mewakili DKI Jakarta namun belum berhasil. Tahun 2021 pernah menjadi juara harapan,” katanya.

Heru mengapresiasi guru pembimbing  SMPN 255 yang sabar dan tekun melatih para siswa hingga meraih juara 1 LCCM tingkat provinsi.

“Pemantik inilah yang menggerakkan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta memberikan dukungan untuk mempersiapkan LCCM tingkat nasional, termasuk Asosiasi Museum Indonesia, Dinas Pendidikan, Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, serta orang tua peserta didik,” ungkapnya.

Menurut Heru, kondisi tersebut cukup mendukung tim sehingga dapat fokus dalam persiapan untuk merebut kejuaraan tingkat nasional tersebut.

“Jadi, kemenangan kami ini adalah kemenangan para pihak yg telah mendukung serta berupaya untuk meraih kejuaraan menjadi sang juara,” ujarnya.

BACA JUGA  Nadiem: Penyederhanaan Kurikulum Darurat Efektif Memitigasi Ketertinggalan

Hal senada disampaikan Tri Rahmawati Erma Puspita Asri, selaku Guru Pembimbing Tim LCCM SMPN 255 Jakarta.

Menurutnya, ini merupakan prestasi tertinggi bagi Provinsi DKI Jakarta dalam ajang LCCM Tingkat Nasional.

“Kerja keras kita alhamdulillah membuahkan hasil, SMPN 255 dapat mengharumkan nama Provinsi DKI Jakarta dalam LCCM Tingkat Nasional 2023. Terima kasih kepada semua pihak dan tentunya anak-anak ibu yang luar biasa,” tuturnya.

“Alhamdulillah selama bertahun-tahun, baru pada tahun ini DKI Jakarta menjadi juara 1 LCCM. Terima kasih kepada Kepala Sekolah Bapak Heru Purnomo yang selalu memberikan dukungan. Kepada Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Asosiasi Museum Indonesia DKI dan semua pihak yang telah mendukung,” sambung guru bersahaja mata pelajaran IPS itu.

Peserta Terlincah 

LCCM SMPN 255 Jakarta
Rizki Adhi Permana menjadi peserta terlincah LCCM 2023. (Foto: istimewa)

Dalam acara penutupan dan penyerahan hadiah, Rizki Adhi Permana terpilih sebagai peserta LCCM terlincah. Putra pertama Umi Sjarifah ini tampil atraktif saat lomba.

BACA JUGA  Kemendikbud Beri Penjelasan Soal E-Sport Masuk Kurikulum Nasional

“Selamat untuk Provinsi DKI Jakarta yang berhasil menjuarai LCCM 2023. Sukses selalu untuk kita semua,” ucap peserta dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bengkulu dan Kepulauan Riau.

Sebagai informasi, LCCM 2023 SMP/MTs Nasional yang diselenggarakan Kemendikbudristek ini diikuti perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia.

Gelaran yang dilaksanakan untuk kesembilan kalinya sejak 2015 ini berlangsung pada 9 – 14 Oktober 2023.

Pembukaan berlangsung Senin (9/10/2023) dan babak final pada Kamis (12/10/2023).(rkm)