Hemmen

Ketua MA Syarifuddin Lantik 5 KPTA: Maksimalkan Fungsi Kawal Depan MA di Daerah!

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr.H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik lima Ketua Pengadilan Tinggi Agama di ruang Kusumaatmadja Gedung MA, Jakarta, Jumat (8/12/2023).
Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr.H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik lima Ketua Pengadilan Tinggi Agama di ruang Kusumaatmadja Gedung MA, Jakarta, Jumat (8/12/2023). Foto: Dok.Humas MA

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik lima Ketua Pengadilan Tinggi Agama, di ruang Kusumaatmadja lantai 14, Gedung MA, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

“Sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Bapak-bapak sekalian memikul tanggung jawab ganda, yaitu tanggung jawab sebagai hakim dalam menegakkan hukum dan keadilan, serta tanggung jawab sebagai pimpinan, dalam membina dan mengawasi para hakim dan aparatur peradilan yang ada di wilayah bapak masing-masing. Terlebih di tengah tajamnya sorotan publik terhadap lembaga peradilan saat ini,” ujar Syarifuddin, dalam pidato sambutannya.

“Bapak-Bapak sekalian memikul amanah yang berat, untuk menjaga marwah lembaga peradilan, agar kepercayaan publik terhadap institusi peradilan tidak luntur diterpa isu-isu negatif. Dilanjutkan,”Bapak-Bapak sekalian memikul amanah yang berat, untuk menjaga marwah lembaga peradilan, agar kepercayaan publik terhadap institusi peradilan tidak luntur diterpa isu-isu negatif,” lanjutnya.

BACA JUGA  Siap-siap! Menpan RB: Mulai Juli 2024, 3.246 ASN Dipindahkan ke IKN
Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr.H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik lima Ketua Pengadilan Tinggi Agama di ruang Kusumaatmadja Gedung MA, Jakarta, Jumat (8/12/2023).
Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr.H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik lima Ketua Pengadilan Tinggi Agama di ruang Kusumaatmadja Gedung MA, Jakarta, Jumat (8/12/2023). Foto: Dok. Humas MA

Menurutnya, bagi yang baru saja dilantik, maupun seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding di mana pun berada, agar memaksimalkan fungsi kawal depan (voorpost) MA di daerah.

Dengan cara memperkuat pembinaan dan pengawasan pada setiap satuan kerja di wilayahnya masing-masing, sehingga potensi perilaku menyimpang, baik dari hakim maupun aparatur peradilan lainnya dapat dicegah semaksimal mungkin.

“Sebagai institusi publik, lembaga peradilan juga mengemban tanggung jawab memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Terlebih dewasa ini, di mana kita hidup dalam zaman perubahan konstan dan kemajuan teknologi yang tak terbendung, yang kemudian membentuk pola pikir dan kebiasaan baru di tengah masyarakat,” ujar mantan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial.

Lebih lanjut Ketua MA berpesan agar menanamkan komitmen untuk selalu berinovasi dan memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi kepada masyarakat, khususnya para pihak yang terlibat dalam proses hukum.

BACA JUGA  Tingkatkan Pelayanan hingga ke Pedesaan, Pengadilan Tinggi Bandung Luncurkan Aplikasi e-Peduli

“Sehingga tercipta suasana, di mana pengadilan benar-benar menjadi rumah yang nyaman, semua orang merasa dipermudah, diterima, didengar dan dihargai,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Ketua MA secara khusus mengingatkan kepada para istri dari para Ketua Pengadilan Tinggi Agama yang baru dilantik agar setia mendukung dan memotivasi suami untuk terus mengabdi dan menjaga integritas serta berperan aktif di Dharmayukti Karini.

“Saya yakin, dukungan dan motivasi keluarga besar akan selalu menjadi penyemangat bagi seseorang dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,” katanya.

Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, para Ketua Kamar MA, pejabat eselon I di lingkungan MA, Ketua Umum Dharmayukti Karini, Ketua Dharmayukti Karini MA, serta para undangan lainnya.

Berikut lima Ketua Pengadilan Tinggi Agama yang dilantik:

1. Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang

BACA JUGA  Cabut SEMA Pembatasan Peliputan Sidang, MA: Sudah Diatur KUHAP

2. Drs. H. Zulkifli Yus, M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan

3. Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang

4. Dr. H. Yusuf Buchori, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu

5. Dr. H. Khaerudin, S.H., M.Hum., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura.(PR/06)

Kesbangpol Banten