Hemmen

KPU Bersama Pemkab Lamtim Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Pemkab Lamtim dan KPU menggelar deklarasi damai Pemilu 2024

LAMTIM, SUDUTPANDANG.ID – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bersama KPU Kabupaten Lampung Timur, menggelar acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024.

Acara berlangsung di Halaman Depan Kantor Bupati Lampung Timur, Selasa (21/11/2023).

Deklarasi damai dihadiri Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo, Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchtar, Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi Indra Puji Tri Wanto, Sekda Lamtim Ir Moch Jusuf, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar, Ketua KPU Lamtim Wasiyat Jarwo Asmoro, Ketua Bawaslu Lamtim Lailatul Khoiriyah.

Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo dalam sambutanya menegaskan pentingnya kerukunan dan kedamaian dalam menjalani proses demokrasi.

“Pemilu adalah momentum untuk mengekspresikan hak suara kita. Mari kita jaga kedamaian, hormati perbedaan, dan wujudkan Pemilu yang berkualitas demi pembangunan demokrasi yang sehat dan berkeadilan,” ungkapnya.

BACA JUGA  Bupati Lamtim Serahkan SK Pengangkatan CPNS dan PNS

Bupati Dawam berharap momen ini dapat menjadi titik awal bagi Kabupaten Lampung Timur menuju Pemilu yang berkualitas dan damai.

“Dengan semangat persatuan dan komitmen bersama, saya meyakini bahwa Kabupaten Lampung Timur akan memberikan contoh positif dalam pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Dawam.

Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchtar menegaskan peran penting kepolisian dalam menjaga ketertiban selama proses Pemilu.

Kapolres melanjutkan, Kepolisian siap memberikan pengamanan maksimal untuk memastikan setiap warga dapat berpartisipasi dalam Pemilu dengan aman dan tenang.

“Kami mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan kepolisian. Laporkan setiap potensi kerusuhan atau pelanggaran hukum terkait Pemilu agar dapat segera ditindaklanjuti,” katanya.

Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar menekankan pentingnya menjauhi praktik politik uang.

“Politik uang merusak esensi demokrasi dan merugikan masyarakat. Kami mengajak semua pihak, terutama calon legislatif dan partai politik, untuk menghindari politik uang demi menciptakan Pemilu yang bersih dan adil,” ujarnya.

BACA JUGA  Debat Capres Pilpres 2024, Prabowo: Intinya Rakyat yang Menilai dan Putuskan

Iskardo juga menyampaikan komitmen Bawaslu dalam mengawasi dan menindak tegas pelanggaran yang terkait dengan politik uang.

“Bawaslu siap menjaga integritas Pemilu. Kami akan bekerja keras untuk menegakkan aturan dan memberikan sanksi kepada pelaku politik uang,” katanya.

Ketua Bawaslu Lamtim Lailatul Khoiriyah menekankan pentingnya menjaga ketenangan dan kedamaian dalam setiap tahapan Pemilu.

“Pemilu adalah pesta demokrasi yang harus dijalani dengan penuh kedamaian. Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif serta menjauhi segala bentuk konflik dan provokasi,” ujar Lely -sapaan akrabnya.

Lely juga menegaskan komitmen Bawaslu dalam menjalankan tugas pengawasan dengan transparan dan independen.

“Bawaslu siap bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan integritas Pemilu. Mari bersama-sama kita ciptakan proses demokrasi yang sejuk dan bermartabat,” katanya.

BACA JUGA  Musrenbang Braja Selebaah, Bupati Lamtim Ajak Masyarakat Awasi Pembangunan

Acara deklarasi damai ini juga diwarnai penandatanganan komitmen bersama oleh Forkopimda, Camat dan Stakehokder terkait untuk menjaga perdamaian selama proses Pemilu. (05)

 

 

 

 

Kesbangpol Banten