Ayo ke TPS Pemprov Banten

Lahan Gunung Kacapi Sumedang Terbakar, Petugas Terkendala Padamkan Api

Gunung kacapi
Kebakaran gunung kacapi (foto:istimewa/net)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Kawasan hutan Gunung Kacapi, Sumedang terbakar. Api melalap kawasan hutan itu tepatnya berada di wilayah Dusun Bojong Jati, Desa Kebon Jati, Kecamatan Sumedang Utara itu terjadi pada Kamis (21/9/2023) sekitar pukul 17.00 WIB. Dikabarkan hingga sekitar pukul 21.00 WIB, kobaran api masih menyala.

“Api masih nyala, maaf belum bisa komunikasi dulu ya,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Sumedang Atang Sutarno.

Layanan Iklan Masyarakat Kemenkumham Bali

Sementara itu, Dedi (32), warga Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara mengungkapkan, besarnya kobaran api yang melalap kawasan hutan Gunung Kacapi tampak terlihat jelas saat memasuki waktu malam atau sekitar pukul 19.00 WIB.

“Kalau sore belum begitu terlihat karena masih ada cahaya matahari tapi pas masuk waktu malam, besarnya api yang semakin melebar begitu terlihat,” terang Dedi yang turut menyaksikan peristiwa kebakaran dari lingkungan pemukiman warga.

BACA JUGA  UPTD PJJ Wilayah Lebak Surati DLH Akan Lakukan Pemangkasan Pohon

Dedi mengatakan, kebakaran yang melanda Gunung Kacapi bahkan dapat terlihat dari lingkungan tempat tinggalnya yang berjarak sekitar 6 kilometer.

“Di spot-spot tertentu dari tempat tinggal saya, kobaran api masih dapat terlihat,” ujarnya

Sementara di lokasi kejadian sendiri, Dedi melihat sejumlah personel gabungan dari BPBD Sumedang, unsur TNI/Polri, relawan serta masyarakat tengah berjibaku dan berupaya untuk memadamkan kobaran api.

“Beberapa anggota dari BPBD, kemudian dari TNI/Polri, relawan dan masyarakat dari sejak petang sudah tiba di lokasi,” ucapnya.

Lanjutnya menuturkan sulitnya akses jalan yang terjal, membuat petugas kewalahan untuk menjangkau titik lokasiĀ kebakaran.

“Untuk penanganan kebakaran di Gunung Kacapi ini kita bahu membahu seluruh komponen terkait. Namun karena lokasinya cukup curam kami mengimbau ke seluruh petugas agar berhati-hati,” katanya.(PR/04)

Kesbangpol Banten