Nasib Putra Jokowi di Pilkada Solo Tergantung Megawati

Gibran Rakabuming Raka/net

Jakarta, Sudut Pandang.id-Meski tingkat DPC PDIP Solo sudah ditutup dan telah memiliki nama, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka berupaya maju dalam Pilkada tahun 2020.

Ketua DPP PDIP Bambang ‘Pacul’ Wuryanto mengatakan, partainya akan meluncurkan sejumlah nama yang bakal diusung di Pilkada 2020 dalam Rakernas I.

IMG-20220125-WA0002

Sejumlah daerah yang sudah siap, akan diumumkan di Rakernas. Namun ada juga yang tidak diumumkan. Salah satunya Pilkada Solo yang dinilai hal itu tergantung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Karena soal Solo ini tentu khusus Ibu Ketua Umum. Kalau Ibu Ketua Umum menganggap itu sudah bisa diluncur, luncur,” kata Bambang di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Diketahui, PDIP Solo telah memutuskan untuk mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa di Pilkada Solo. Purnomo adalah Wakil Wali Kota yang mendampingi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sejak 2012. Sedangkan Teguh Prakosa merupakan Ketua DPRD di Solo periode 2014-2019.

Tapi keputusan PDIP Solo belum final. DPP PDIP masih bisa mengubah rekomendasi untuk mengusung Purnomo-Teguh.

Menurut dia, memang ada wilayah-wilayah yang dianggap punya bobot politik tinggi, yang bisa dampaknya berskala nasional. Daerah yang memiliki dinamika tinggi, akan diambil keputusan langsung oleh Megawati.

“Misalnya kayak Provinsi Jawa Tengah, Bali. Itu tentu yang oleh Bu Ketum (dianggap) punya dampak khusus,”tandasnya.

Dalam Rakernas nanti, akan ada 44 rekomendasi di Pilkada 2020 yang bakal dibahas. Khusus Jawa Tengah, sudah ada 12 daerah yang sudah siap diumumkan.

“Tentu apakah kualitatif ini cukup, tentu kami belum anggap cukup. Kami akan coba cek dengan kuantitatif, peluangnya kayak apa. Itu nanti mudah-mudahan sudah bisa luncur. Tapi saya pastikan sudah ada yang bisa diluncur. Untuk Jateng saja udah 12 bisa diluncur,” jelas Bambang.

Sebelumya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam Rakernas juga akan dibahas pemantapan menghadapi pilkada serentak. Karena itu, partainya menempatkan proses memperkuat kelembagaan kepemimpinan menyiapkan calon pimpinan yang menjalankan visi misi partai.

“PDIP telah dipercaya rakyat menang Pemilu dua kali berturut-turut, karena itu kami akan menyiapkan calon pemimpin untuk masa depan Indonesia,” tegasnya.(fr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.