Peduli Korban Banjir, Kemenhub Serahkan Bantuan di Kapuk Muara

Peduli Banjir
KSOP Muara Angke menyerahkan bantuan bencana banjir di Kapuk Muara Jakarta Utara/dok.Kemenhub

Jakarta,SudutPandang.id-Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek sejak Rabu (1/1/2020) lalu juga terjadi di wilayah pesisir Jakarta. Salah satu titik banjir berada di wilayah Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Untuk membantu korban banjir di wilayah tersebut, Jumat (3/1/2020), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah DKI Jakarta di bawah Ditjen Perhubungan Laut (Dithubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut memberikan bantuan kemanusiaan.

IMG-20220125-WA0002

Kepala Kantor KSOP Muara Angke Anggiat Douglas Silitonga menyebutkan, bantuan kemanusiaan yang diberikan berupa air mineral 53 dus, beras 12 karung berisi 20 kg, minyak goreng, mie instan 33 dus, pakaian layak pakai dan barang kebutuhan lainnya.

KSOP Peduli Banjir
Kepala Kantor KSOP Muara Angke Anggiat Douglas Silitonga (ketiga kiri) bersama jajaran saat menyerahkan bantuan bencana banjir di Kapuk Muara/dok.Kemenhub

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Lurah Kamal Muara Jeson Simanjuntak dan disalurkan melalui Posko Pengungsian RW 01 Kapuk Muara yang menampung sekitar 1.000 orang dewasa, 500 orang anak-anak dan 400 orang balita.

“Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para korban banjir dan mereka bisa segera kembali ke rumah masing-masing serta beraktivitas seperti sedia kala,” ucap Anggiat di Jakarta.

Menurutnya, Program Peduli Korban Banjir ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi pemerintah sekaligus menindaklanjuti instruksi Dirjen Perhubungan Laut agar UPT di wilayah DKI Jakarta ikut memberikan pertolongan terhadap para korban banjir yang melanda Jabodetabek.

Bantuan Bencana Banjir
Penyerahan bantuan bagi korban banjir di Kapuk Muara/dok.Kemenhub

Sebelumnya, sejak Rabu (1/1/2020), Dithubla telah mengerahkan Quick Response Team (Tim Reaksi Cepat) untuk bergerak melakukan evakuasi dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, telah didirikan juga Posko Reaksi Cepat di Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan posko tanggap darurat untuk bantuan korban banjir untuk wilayah Jabodetabek.(bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.