Hemmen

Pj Bupati Lebak Konsolidasi Petakan Program Pembangunan

Pj Bupati Lebak
Foto:Dok.Humas Pemkab Lebak

LEBAK, SUDUTPANDANG.ID – Pj Bupati Lebak Iwan Setiawan langsung tancap gas di hari pertamanya bertugas. Pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu melakukan konsolidasi dengan sejumlah jajaran guna membahas program-program yang sedang berjalan maupun yang belum tercapai.

Iwan juga mendapatkan masukan dari mahasiswa yang disampaikan saat unjuk rasa di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Senin (6/11/2023).

Menurut Iwan, aspirasi para mahasiswa itu merupakan masukan positif untuk pembangunan di Kabupaten Lebak menjadi lebih baik lagi.

“Saya baru sehari bekerja, konsolidasi perlu saya lakukan dengan Pak Sekda dan jajaran guna memetakan isu, program strategis yang belum tercapai. Bagaimana jika itu dioper ke dokumen perencanaan berikutnya, sehingga target yang diinginkan tercapai tidak meninggalkan sisa,” kata Iwan kepada wartawan di Rangkasbitung, Selasa (7/11/2023).

BACA JUGA  Anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra M Taufik Berpulang

Iwan menerangkan, selain menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten Lebak, ia juga mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tugas itu antara lain terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) agar berjalan lancar, masalah stunting, kemiskinan ekstrem dan pengendalian inflasi.

“Berikan saya waktu dan ruang guna meramu bagaimana perencanaan ke depan untuk Lebak,” ujarnya.

Menurut Iwan, momentum Pilkada serentak menuntut semuanya melakukan penyusunan dokumen secara serentak. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) harus tepat waktu, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) teknokratik menjadi dasar kepala daerah untuk menyusun visi misi.

“Kalau RPJMD-nya tidak diselesaikan oleh kami di tataran Pemda tentu misi akan lepas dari apa yang sudah direncanakan. Jadi banyak hal yang perlu kita lakukan,” jelasnya.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan, Apkasindo Banten Gelar Bazar Minyak Goreng Murah

Oleh karena itu, Iwan meminta mahasiswa dan masyarakat memberi waktu untuk dirinya bekerja. Ia pun memastikan kinerjanya akan selalu dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Setiap tiga bulan saya dievaluasi bagaimana kinerja saja oleh Kemendagri, jika dinilai tidak memuaskan, dipastikan dievaluasi oleh Kemendagri,” tuturnya.

Diketahui, puluhan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Lebak. Kemudian mereka bergerak menuju kantor Bupati Lebak.

Sebagai informasi, Iwan Kurniawan dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Lebak di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, pada Jumat (3/11/2023) lalu.

Pejabat Kemendagri tersebut menggantikan posisi Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi.(PR/01)

Kesbangpol Banten