Hemmen

“Pro-Delis” di Morut Datangkan Dokter Spesialis Layani Warga Desa

Rangkaian kegiatan Bupati Bupati Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Dr dr Delis Julkarson Hehi, MARS bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Morut, Febriyanthi Hongkiriwang saat menghadiri kegiatan "molimbu" bersama masyarakat di Desa Mayumba, Kecamatan Mori Utara, Rabu (28/2/2024) malam. FOTO: MCDD Pemkab Morut

MORUT-SULTENG, SUDUTPANDANG.ID – Kegiatan Bupati Berkantor di Desa (Buka Desa) yang digagas Bupati Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Dr dr Delis Julkarson Hehi, MARS, sejak akhir tahun 2023 dilakukan pelayanan dokter spesialis yang diberi nama Pro-Delis (Program Dokter Spesialis Lintas Desa).

“Kami datangkan dokter spesialis dari kabupaten. Setiap kegiatan di desa itu pasien mencapai ratusan orang yang antre. Program ini sangat membantu masyarakat,” katanya dikutip dari “media center” Pemkab Morut di Kolonodale, Senin (4/3/2024).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Bupati menyampaikan hal itu saat menghadiri kegiatan “molimbu” bersama masyarakat di Desa Mayumba, Kecamatan Mori Utara, Rabu (28/2) malam.

Kegiatan molimbu atau makan bersama masyarakat itu juga dihadiri Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Morut, Febriyanthi Hongkiriwang itu berlangsung di Banua Mpogombo Kadago Lipu Mayumba.

BACA JUGA  Bantuan Korban Banjir Bandang di Tojo Una-Una Diserahkan Ketua TP-PKK Morut

Menurut Bupati Morut — yang juga seorang dokter itu — berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan Pro-Delis di tiga desa, yakni Baturube (Bungku Utara), Pandauke dan Lijo (Mamosalato), sangat membantu masyarakat.

Sementara itu kegiatan molimbu ini mengawali seluruh rangkaian acara Buka Desa di Mayumba.

Bupati dan ibu serta sejumlah pejabat dari Pemkab Morut dan Kecamatan Mori Utara, duduk bersila makan malam bersama masyarakat.

Seperti tahun 2023 lalu, kegiatan Buka Desa dilakukan setiap bulan di sebanyak 10 kecamatan se-Kabupaten Morut.

Bupati mengemukakan kegiatan Buka Desa ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat.

Selama sehari penuh instansi pelayanan publik berkantor di desa untuk melayani masyarakat seperti perekaman/pembuatan KTP, pernikahan massal, pengurusan pajak, BPJS Kesehatan, pelayanan KB dan lainnya.

BACA JUGA  Jadi Pelopor Desa Digital, Budiman Sudjatmiko Resmikan Telkodesa+ Sukamanah

“Biasanya masyarakat yang pergi berurusan di kabupaten, sekarang dengan kegiatan Buka Desa ini instansi pemerintah yang datang di desa untuk melayani masyarakat,” kata Delis Julkarson Hehi.

Pada acara molimbu tersebut, siswa-siswi SMP 3 Mori Utara tampil dengan tarian torompio untuk menyambut para tamu.

Pada sore hari juga digelar pertandingan persahabatan sepak bola antara tim Pemkab Morut dengan Pemerintah Kecamatan Mori Utara. (MCDD/02)

 

Barron Ichsan Perwakum