Daerah  

Sabtu 8 Februari, Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi Siap Gelar Cap Go Meh

CGM Bekasi
Perayaan Cap Go Meh di Kota Bekasi/net

Bekasi, SudutPandang.id-Yayasan Pancaran Tridharma, kembali akan menggelar acara Cap Go Meh di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi, Sabtu, 8 Februari 2020. Sejumlah rangkaian acara menarik akan mengisi agenda tahunan dalam rangka melestarikan tradisi dan budaya ini.

“Dalam rangka mengakhiri rangkaian kegiatan Tahun Baru Imlek 2571/2020, Kelenteng Hok Lay Kiong akan melaksanakan Acara Cap Go Meh. Mohon doanya supaya kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Ketua Panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2571/2020 Hok Lay Kiong Benny Gunawan dalam keterangan pers, Selasa (4/2/2020).

IMG-20220125-WA0002

Pria yang biasa dipanggil Ko Anam ini berharap, melalui acara tahunan ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman. Ini sejalan dengan tema acara perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2571/2020 yaitu “Budaya Mempersatukan Bangsa dan Keutuhan NKRI”.

“Melalui acara ini kita dapat berbaur bersatu sebagai Indonesia, tanpa lagi mengenal sekat yang namanya perbedaan,” kata Ko Anam.

Benny
Ketua Panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2571/2020 Kelenteng Hok Lay Kiong Benny Gunawan/ist

Ia menerangkan sejumlah rangkaian acaranya. Di antaranya mengarak Toa Pekong keluar keliling kota Bekasi, Pawai Budaya Tandu Golok suhu Tathung, 12 shio, Arak-arakan Naga, Barongsai, dan pawai Budaya Nusantara lainnya.

“Acara akan berlangsung pada hari Sabtu 8 Februari 2020, mulai pukul 10.00 WIB. Rute pawai mulai dari Kelenteng Hok Lay Kiong, Jalan Kenari – Jalan Kartini – Jalan Agus salim – Jl Baru – Jalan Perjuangan – Bulan-bulan – Jalan Ir.H Juanda – Jalan Mayor Oking – dan finish kembali di Kelenteng Hok Lay Kiong,” papar Ko Anam.

“Kepada warga Bekasi, mari kita ikut memeriahkan dan mensukseskan Acara Pawai Perayaan Cap Go Meh 2571/2020. Menjaga tradisi dan budaya, merawat kebhinnekaan dan memperkokoh persatuan,” sambung Pemimpin Redaksi majalah komunitas Hallo Kalimantan ini.

Hok Lay Kiong
Hok Lay Kiong Bekasi/net

Menurut keterangan berbagai sumber, Kelenteng Hok Lay Kiong merupakan kelenteng tertua di Bekasi. Kelenteng ini diperkirakan berusia lebih dari 300 tahun. Adapun arti nama “Hok Lay Kiong” adalah istana yang mendatangkan rezeki. Tempat ini dipercaya bisa mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang berkunjung.(fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.