Sambut Natal dan Tahun Baru, Ditjen Hubla Siap Optimalkan Pelayanan

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko/net

Jakarta, Sudut Pandang.id-Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan siap mengoptimalkan potensi armada untuk melayani penumpang saat Natal dan Tahun Baru 2020.

Dalam optimalisasi potensi armada, pihaknya telah menghimbau kepada para Kepala Kantor Kesyahbandaran, Kepala KSOP Kelas I – IV dan Kepala UPP Kelas I – III untuk mengoptimalkan potensi armada pada daerahnya masing-masing.

IMG-20220125-WA0002

“Terutama ruas-ruas dengan jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik dan arus balik sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan penumpang,” ujar di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Ia juga telah menginstruksikan untuk melaksanakan uji kelaiklautan kapal terhadap seluruh kapal yang berada dan beropersi di wilayah kerjanya.

Terkait informasi jadwal kapal, lanjutnya, perusahan pelayaran wajib meng-update info terkini jadwal kadatangan kapal melalui digital info screen di pelabuhan, Facebook, Instagram dan Twiter.

“Saya juga menghimbau kepada kepala UPT untuk peningkatkan koordinasi kepada operator kapal untuk penyebarluasan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal kepada masyarakat melalui media cetak dan elektronik serta melakukan pemasangan spanduk di tempat-tempat tertentu dan dilakukan pada jauh hari sebelum masa Posko Hubla,” kata Capt. Wisnu.

Capt. Wisnu kembali mengingatkan kepada para Kepala Kantor Kesyahbandaran, Kepala KSOP Kelas I – IV dan Kepala UPP Kelas I – III untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran. Salah satunya berkoordinasi dengan BMKG setempat terhadap keadaan cuaca dengan menyebarluaskan prakiraan cuaca kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk.

“Jangan ragu-ragu untuk melakukan penundaan keberangkatan kapal apabila terjadi kondisi cuaca buruk sebelum kapal berangkat, serta menyiapkan kapal negara untuk keadaan darurat dari Kapal Kenavigasian, Kapal KPLP, Kapal Latih BPSDM Perhubungan,” tutupnya.bmg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.