Sinergi Koppas Ciracas-Perumda Pasar Jaya, Bagikan Ratusan Nasi Kotak untuk Buka Puasa

  • Bagikan
Ketua Koppas Ciracas Budianto Sugianto bersama Kepala Pasar Ciracas Alvi Rahim blusukan membagikan makanan buka puasa untuk pedagang Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021)/Foto:istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Ciracas bersinergi dengan Perumda Pasar Jaya membagikan nasi kotak dan takjil kepada pedagang Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021) kemarin.

Meski hujan lebat, namun tak menyurutkan langkah para pengurus Koppas Ciracas untuk menggelar acara. Semua tampak penuh semangat membagikan nasi kotak dan takjil di Pasar Ciracas dan sekitarnya menjelang buka puasa.

BACA JUGA  Imlek dan Cap Go Meh Singkawang Berlangsung Sukses, Yayasan Fab Zhu Kung Bersyukur

Bulan suci Ramadhan yang masih dalam suasana keprihatian akibat pandemi Covid-19, tak menghalangi niatan tulus mereka untuk terus berbagi.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, para pengurus Koppas Ciracas bersama PD Pasar Jaya blusukan membagikan sebanyak 600 box makanan kepada para pedagang.

Tak hanya pedagang, petugas keamanan, tukang parkir, pengunjung pasar hingga pengemudi ojek online (ojol) juga menerima makanan untuk berbuka puasa.

“Untuk urusan berbagi, dan peduli kita harus semangat, terlebih saat ini saudara kita umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, momentum untuk saling peduli satu sama lain. Ini bukan hanya sekadar makanan, tapi kepedulian nyata berbagi kebahagiaan di bulan suci Ramadhan,” ujar Ketua Koppas Ciracas, Budianto Sugianto, di sela-sela pembagian makanan bukan puasa.

Semangat berbagi di bulan suci Ramadhan Koppas Ciracas dan Perumda Pasar Jaya/Foto:istimewa

Menurut Budianto, bicara pandemi Covid-19 tentunya semua terdampak, namun rasa optimisme bangkitnya perekonomian harus terjaga.

BACA JUGA  Keren, Ketua RT di Bampu Apus Gandeng Aktor Fuad Idris Garap Film Kemerdekaan

“Tetap patuhi protokol kesehatan, jangan pernah lelah. Kita harus bersatu padu membantu pemerintah menangani pandemi ini, tetap semangat, semoga pandemi segera berakhir,” pesan Budianto, yang juga Ketua Umum Forum Gotong Royong Masyarakat Sambas (Fogoromas) Jakarta.

Ketua Koppas Ciracas Budianto Sugianto membagikan nasi kotak dan takjil buka puasa di Pasar Ciracas, Rabu (28/4/2021)/Foto:istimewa

“Jangan berhenti untuk berbuat baik, dengan berbagi rezeki, maka rezeki kita juga akan dilancarkan dan dimudahkan. Kita harus senantiasa bersyukur masih diberikan kesehatan sehingga dapat bersama-sama untuk membangun bangsa ini tanpa pernah melihat perbedaan,” sambung Budianto didampingi Bendahara Koppas Ciracas, Wiwik Widiastuti.

Apresiasi

Kepala Pasar Ciracas, Alvi Rahim, mengapresiasi aksi kepedulian yang dilakukan pengurus Koppas Ciracas pada bulan Ramadhan ini.

Kepala Pasar Ciracas Alvi Rahim, saat membagikan nasi kotak dan takjil, Rabu (28/4/2021)/Foto:istimewa

“Inilah bentuk sinergi nyata kita dengan Koppas Ciracas, kita berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus berjalan setiap tahunnya. Tentunya saat pandemi kegiatan yang kita lakukan sangat memperhatikan protokol kesehatan,” kata Alvi, yang juga turun langsung membagikan nasi kotak.

Alvi mengatakan, sinergi yang terbangun selama ini antara pihaknya dengan Koppas Ciracas berjalan baik.

Ketua Koppas Ciracas Budianto Sugianto secara simbolis menyerahkan nasi kotak dan takjil buka puasa di kantor Koppas Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021)/Foto:istimewa

Terkait dampak pandemi, Alvi menyebut tentunya berdampak bagi para pedagang pasar. Namun, setelah vaksinasi terhadap para pedagang secara perlahan aktivitas perekonomian di Pasar Ciracas mulai mengalami peningkatan.

BACA JUGA  Cerita Ojol, Tak Menyangka Diterima Bekerja Setelah Sholat Jumat

“Masyarakat atau pengunjung sudah mulai kembali belanja. Mudah-mudahan awal Mei ini akan kembali meningkat,” harap pria asal Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) ini.

Ketua Koppas Ciracas Budianto Sugianto secara simbolis menyerahkan nasi kotak dan takjil di kantor Koppas Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021)/Foto:istimewa

Untuk mencegah kerumunan, lanjut Alvi, pihaknya berupaya melalui imbauan dan pengaturan jarak.

“Kita sangat memperhatikan protokol kesehatan, sebelum masuk pasar harus mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, intinya harus disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M,” jelasnya.

Jadi Contoh

Apresiasi terhadap kepedulian Koppas Ciracas juga datang dari Yuni Wahyuni, Bendahara Umum Pusat Koperasi Pasar (Puskopas) DKI Jakarta.

Berdoa bersama sebelum memulai kegiatan/Foto:istimewa

“Harus menjadi contoh Koppas lainnya, meski pandemi, namun untuk urusan berbagi Koppas Ciracas pimpinan pak Budianto ini tetap jalan terus, ini luar biasa dan layak menjadi contoh,” tutur Yuni, yang juga ketua Koppas Kramat Jati.

Ratusan nasi kotak untuk buka puasa dibagikan kepada pedagang Pasar Ciracas/Foto:istimewa

Saat adzan berkumandang, semangat kebersamaan dan kekompakan pengurus kembali terlihat. Semua buka puasa bersama meski berlangsung sederhana.

“Alhamdulillah, meski acaranya sederhana, namun rasa kebersamaan kita yang luar biasa, semangat Koppas Ciracas, semoga tetap jaya,” ucap para pegawai, usai menikmati hidangan buka puasa di kantor Koppas Ciracas.(rkm)

  • Bagikan

Comment