Soroti Ketahanan Pangan, Biden Sentil Rusia

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebelum melakukan pertemuan bilateral di Bali, Senin (14/11/2022)Foto:Dok.Setpres

BALI, SUDUTPANDANG.ID – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan ketahanan pangan perlu menjadi sorotan saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Pasalnya, saat ini dunia menghadapi ancaman krisis pangan salah satunya akibat agresi Rusia di Ukraina.

Biden mengaku dirinya menantikan KTT G20. Menurut Biden, KTT G20 merupakan pertemuan penting yang membahas berbagai isu yang menyangkut hajat hidup warga dunia, di antaranya terkait ketahanan pangan, perekonomian global, dan kesehatan.

IMG-20220125-WA0002

“G20 merupakan forum penting bagi negara-negara dengan perekonomian terbesar dunia untuk bekerja sama demi kepentingan masyarakat. Saya menantikan pertemuan ini,” ujar Presiden Joe Biden saat jumpa pers bersama sejumlah jurnalis asing dan Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11) malam.

Biden mengatakan, KTT G20 juga perlu membahas upaya memperkuat perekonomian dunia dan kesehatan global terutama setelah negara-negara terdampak pandemi Covid-19.

“Kita harus memastikan dunia dapat lebih baik mempersiapkan diri dari ancaman pandemi berikutnya,” kata Biden.

Ia mengimbau negara-negara G20 harus memperkuat kerja sama, karena hasilnya bermanfaat bagi kepentingan warga dunia.

Tidak hanya menyinggung soal G20, Biden juga menyampaikan hasil lawatannya ke Mesir untuk menghadiri COP27, dan ke Kamboja untuk KTT ASEAN.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong, mengatakan, para kepala negara dan kepala pemerintahan berdatangan sudah berdatangan ke Bali.

“Semua lancar, tidak ada yang melenceng dari jadwal yang sudah ditetapkan,” kataUsman Kansong, Senin (14/11) malam.(one/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.