Tingkatkan Ekspor-Impor, IPC TPK Siap Layani Rute Langsung Intra Asia Pertiwi

Pelabuhan Petikemas Belawan
Pelabuhan Belawan Medan/dok.BKIP Kemenhub

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Direktur Utama IPC TPK David Sirait menyatakan terus mendukung upaya pemerintah meningkatkan ekspor-impor. Salah satunya dengan membuka rute baru. Kabar terbaru, IPC Terminal Petikemas/IPC TPK, operator terminal petikemas anak usaha subholding Pelindo Terminal Petikemas, kembali dipercaya melayani rute baru MSC Pertiwi.

David Sirait mengatakan, hal tersebut ditandai dengan maiden voyage MV MSC IDA II yang dimulai di IPC TPK Terminal Panjang, pada hari minggu (13/8/2022) dan tiba di IPC TPK Terminal 3 Tanjung Priok Jakarta pada hari Senin (15/8/2022).

IMG-20220125-WA0002

“Kami terus melakukan upaya dalam mendukung program pemerintah terkait peningkatan ekspor-impor, dengan memberikan kepastian pelayanan kepada seluruh pengguna jasa, salah satunya adalah mendukung langkah ekspansi MSC melalui pembukaan berbagai rute baru,” kata David Sirait dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (16/8).

Menurut David, layanan ini menjadi salah satu dedicated jalur pelayaran Intra Asia meliputi Singapura – Tanjung Pelepas – Panjang – Jakarta – Singapura – Tanjung Pelepas – Busan – Qingdao – Incheon – Tianjinxingang – Vung Tau – Laem Chabang.

MV MSC IDA II milik PT Mediterranean Shipping Company menjadi kapal yang mengarungi rute tersebut. Dengan LOA 195 meter dan BEAM 30 meter, kapal tersebut melakukan bongkar-muat sebanyak 992 TEUs petikemas di IPC TPK Area Panjang dan 2.100 TEUs petikemas di IPC TPK Area Tanjung Priok. Ini merupakan layanan rute baru IPC TPK yang ke-7 sepanjang tahun 2022.

Penyambutan layanan rute baru di Pelabuhan Panjang tersebut dilakukan oleh manajemen IPC TPK Area Panjang dan perwakilan dari MSC Mediterranean Shipping Company.

Penyambutan layanan rute baru di Pelabuhan Panjang tersebut dilakukan oleh manajemen IPC TPK Area Panjang dan perwakilan dari MSC Mediterranean Shipping Company.

“Sebelumnya dalam enam bulan terakhir IPC TPK telah melayani 6 (enam) layanan rute baru, ini adalah yang ke 7 (tujuh), semoga dapat mendorong geliat ekspor impor Indonesia,” ujar David Sirait.

Managing Director MSC Mediterranean Shipping Company Dhany Novianto memastikan MSC akan selalu berkontribusi positif yang memberikan dampak yang baik terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

“Melihat peluang dan kesempatan untuk pasar Intra Asia dari Indonesia dan sebaliknya, kami percaya bahwa MSC akan memberikan kontribusi yang positif terhadap pasar di Indonesia dan juga menjawab keinginan pemerintah dengan layanan langsung dari Pelabuhan Indonesia ke luar negeri.” ujar Dhany Novianto.

Penyambutan layanan rute baru di Pelabuhan Panjang tersebut dilakukan oleh manajemen IPC TPK Area Panjang dan perwakilan dari MSC Mediterranean Shipping Company. Setibanya di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, seluruh jajaran Direksi IPC TPK menyambut langsung layanan rute baru tersebut.

“Dengan dibukanya layanan tersebut, kami harap dapat memberikan manfaat bagi para eksportir dan importir dengan meningkatkan percepatan pengiriman langsung ke negara tujuan. Layanan ini juga diharapkan menjadi solusi untuk pengiriman barang dari Indonesia langsung ke negara tujuan tanpa melakukan transhipment” tutup David. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.