Bali  

Pramella Tinjau Layanan Keimigrasian di Bandara Ngurah Rai Pasca Gangguan PDN

Kakanwil Kemenkumham Bali Pramella Yunidar Pasaribu meninjau langsung layanan keimigrasian di TPI Bandara Ngurah Rai pasca gangguan pusat data nasional (PDN), Minggu (23/6/2024). (Foto: Kemenkumham Bali)
Kakanwil Kemenkumham Bali Pramella Yunidar Pasaribu meninjau langsung layanan keimigrasian di TPI Bandara Ngurah Rai pasca gangguan pusat data nasional (PDN), Minggu (23/6/2024). (Foto: Kemenkumham Bali)

DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Kakanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, meninjau langsung layanan Keimigrasian di Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (23/6/2024).

Pemantauan ini untuk memantau perkembangan layanan sistem keimigrasian pasca gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN).

Kemenkumham Bali

Pramella datang didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Suhendra dan Kepala Seksi Pemeriksaan I, Andre Wilson, beserta jajaran di TPI Ngurah Rai.

“Meskipun masih dalam proses pemulihan, TPI Ngurah Rai tetap dapat memberikan layanan imigrasi dengan baik melalui kombinasi layanan manual dan digital,” ujar Pramella.

Ia memastikan bahwa petugas imigrasi di TPI Ngurah Rai telah disiagakan untuk melayani para pengguna jasa dengan maksimal, sehingga proses pemeriksaan keimigrasian dapat berjalan lancar dan meminimalisir antrian.

BACA JUGA  Cegah TPPO dan Edukasi Masyarakat, Kanim Denpasar Gelar Sosialisasi Pembentukan Desa Binaan Imigrasi

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama gangguan sistem. Kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan sistem keimigrasian secara menyeluruh dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutur Pramella.

Sebelumnya, sistem keimigrasian di seluruh Indonesia mengalami gangguan akibat permasalahan pada PDNS sejak Kamis (20/6) hingga Minggu (23/6) pagi.

Gangguan ini berdampak pada terhambatnya layanan publik, termasuk layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan.

Terhitung hari ini sebagian besar layanan keimigrasian di TPI Ngurah Rai sudah mulai kembali beroperasi, seperti layanan paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan. Layanan imigrasi melalui autogate juga berangsur pulih.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan memastikan kelancaran layanan, TPI Ngurah Rai masih menerapkan kombinasi layanan manual dan digital. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir antrian dan memastikan semua penumpang dapat terlayani dengan baik.(One/01)