Andi Hakim: Damai Natal, Perkokoh Persatuan Menuju Tahun Baru 2022

KRT AJM Andi Hakim, S.H., bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Foto:istimewa)

“Semoga kita semakin bijak dalam menjalani hidup ini. Damai di bumi dan juga damai di hati. Menyambut Tahun Baru 2022 dengan semangat baru dan rencana baru untuk menuju masa dengan cerah dan gemilang.”

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Ketua Umum Persaudaraan Suhu-suhu se-Nusantara KRT AJM Andi Hakim, S.H., mengaku sangat mendukung setiap upaya memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Menjadikan Pancasila hadir dalam jiwa sehingga tak pernah ada lagi perdebatan soal perbedaan di Indonesia.

IMG-20220125-WA0002

Hal ini disampaikan Andi Hakim saat menghadiri Acara Refleksi Menyambut Natal dan Tahun Baru yang diselenggarakan PKB di Gedung Nusantara IV, Kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta, Selasa (21/12/2021) malam.

“Inilah Indonesia, malam ini kita melihat wajah Indonesia yang damai, para tokoh lintas agama hadir dan sepakat satu pandangan bahwa kita semua harus merawat, menjaga Indonesia dalam keberagaman dengan berpedoman pada nilai-nilai luhur Pancasila, pemersatu bangsa Indonesia,” ujar Andi Hakim.

Tokoh Lintas Agama

Advokat senior ini mengapresiasi semua pesan damai yang disampaikan para tokoh lintas agama bahwa toleransi menjadi salah satu modal yang dapat menyatukan dan menjaga Indonesia agar tetap utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mari kita merenungkan apa yang telah disampaikan oleh para tokoh agama, itu semua untuk mengingatkan kita semua harus tetap bersatu. Semua yang hadir dengan protokol kesehatan yang ketat dalam acara ini dipastikan sangat mencintai negeri kita Indonesia,” ucap budayawan yang juga Penasihat Majelis Tao Indonesia (MTI) ini.

KRT AJM Andi Hakim, S.H., bersama Kiyai H.Nuril Arifin Husein (Gus Nuril)/Foto:istimewa

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan agar senantiasa waspada dengan disiplin protokol kesehatan.

“Semoga kita terhindar dari covid varian baru ataupun varian lama, dengan disiplin protokol kesehatan, meski saat ini sebaran wabah covid-19 telah melandai, ingat tidak boleh diabaikan dan sekaligus saya mengajak warga masyarakat agar segera menjalankan vaksinasi sehingga bisa tercipta herd immunity atau kekebalan di Indonesia,” ajak ajak Presidium DPP Forum Keluarga Paranormal dan Pengobatan Alternatif Indonesia (FKPPAI) ini.

Ketua Umum Persaudaraan Suhu-suhu se-Nusantara KRT AJM Andi Hakim, S.H., (Foto:istimewa)

Andi Hakim juga mengucapkan Selamat Hari Natal 2021 bagi umat Kristiani dan Tahun Baru 2022 untuk semua. Natal menunjukkan jalan kasih Tuhan bagi umat-Nya yang cinta akan kasih dan kedamaian dunia.

“Semoga kita semakin bijak dalam menjalani hidup ini. Damai di bumi dan juga damai di hati. Menyambut Tahun Baru 2022 dengan semangat baru dan rencana baru untuk menuju masa dengan cerah dan gemilang,” ucap Andi Hakim, yang juga pendiri Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI) dan sederet organisasi lainnya.

KRT AJM Andi Hakim bersama Brigjen Pol Drs Antoni Siahaan, S.I.K mewakili Kapolri dan Edi S Soekamto (Foto:istimewa)

Hal senada disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Menurutnya, PKB sangat mengedepankan pentingnya persatuan, keberagaman, dan persaudaraan, sehingga melandasi partainya menggelar acara refleksi menyambut Natal dan Tahun Baru.

Acara Refleksi Menyambut Natal dan Tahun Baru yang diselenggarakan PKB di Gedung Nusantara IV, Kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta, Selasa (21/12/2021) malam (Foto:istimewa)

“Kita ingin menjadikan PKB sebagai miniatur Indonesia. Kalau ingin melihat Indonesia yang indah, datang dan bergabung ke PKB,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan acara yang bertajuk “Kasih Merangkul Persaudaraan Sesama”.

Foto:dok.Andi Hakim

“Di tengah-tengah kesulitan yang ada, hal yang tidak boleh kita tinggalkan adalah persatuan dan persaudaraan diantara anak bangsa. Bahwa kasih akan merangkul persaudaraan sesama kita,” sambung Cak Imin.

Andi Hakim bersama Ketua Panitia Liu Jau Cung (Foto:istimewa)

Hadir dalam acara dengan jumlah undangan terbatas, para tokoh lintas agama, tokoh nasional, para duta besar negara sahabat, wali kota, bupati dan tokoh perkumpulan masyarakat perantau asal Kalimantan Barat.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.