Hemmen

Bungkam Filipina 5-1, Nasib Indonesia Ditentukan di Laga Pamungkas

Foto: PSSI

BEKASI, SUDUTPANDANG.ID – Indonesia berhasil menjaga jarak dengan duo pimpinan Grup A, yakni Vietnam dan Thailand dalam lanjutan babak penyisihan Piala AFF U-19 2022. Sukses itu diukir skuad Garuda Muda dengan mengalahkan Filipina 4-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/22) malam WIB.

Dengan tambahan tiga angka itu, pasukan Shin Tae-yong kini menempati urutan ketiga Grup A dengan delapan poin. Skuad Garuda Muda terpaut dua angka dari Thailand dan Vietnam memimpin Grup A dengan 10 poin. Sementara Myanmar yang pada laga sebelumnya takluk 1-3 dari Vietnam berada di posisi keempat dengan enam poin, disusul Filipina dan juru kunci Brunei Darussalam di posisi dua terbawah, tanpa angka.

BACA JUGA  Ini Kata Pelatih Persela, Usai Ditahan Persipura 1-1

Dengan kata lain, Indonesia bersama Vietnam, Thailand, dan Myanmar masih akan bersaing untuk memperebutkan dua tiket ke babak semifinal pada laga pamungkas Grup A, Minggu (10/7/22) besok secara bersamaan. Indonesia akan menghadapi Myanmar di Stadion Candrabhaga, Bekasi. Sementara Vietnam dan Thailand saling bentrok di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sebelumnya, skuad Garuda Muda sempat mengalami kesulitan untuk membuka keunggulan meladeni Filipina di depan publik sendiri. Setelah beberapa kali mengancam lini pertahanan Filipina, Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan lewat aksi Robbani Tasnim dari titik putih (13″). Alfriyanto Nico menggandakan keunggulan Garuda Muda (26″), sebelum Filipina memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2, lewat gol Justin Lawrence (29″).

BACA JUGA  Nelayan Morotai Hilang Saat Melaut Ditemukan di Filipina

Gol tersebut membuat Garuda Muda kian termotivasi untuk menjauh. Hasilnya, Indonesia kembali mendapat hadiah penalti yang diselesaikan dengan sempurna oleh Robbani Tasnim untuk kedua kalinya pada menit ke-40. Gol tersebut membawa Indonesia kembali menjauh, sekaligus menutup babak pertama dengan skor 3-1 untuk keunggulan skuad asuhan Tae-yong.

Dua gol yang dikoleksi Robbani Tasnim di babak pertama, berhasil dilengkapi menjadi hatrik, berkat golnya di menit ke-49, sekaligus mengubah papan skor menjadi 4-1 untuk keunggulan Garuda Muda. Selanjutnya, sejumlah usaha yang dilakukan oleh kedua tim hanya sekadar menghasilkan peluang, tanpa gol. Sampai akhirnya gol pamungkas oleh Razza Fachrezi (70″), menutup laga dengan skor akhir 5-1 untuk keunggulan Indonesia. (red)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan