Hemmen

Desember 2023, BI Laporkan Penjualan Eceran Tumbuh Menguat

Ilustrasi warung penjual eceran / foto: istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menyebutkan, penjualan eceran meningkat pada bulan Desember 2023.

Hal ini dipicu oleh pertumbuhan yang signifikan di sektor bahan bakar kendaraan bermotor dan segmen makanan, minuman, serta tembakau.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Dalam analisis bulanan, kami memperkirakan penjualan eceran akan mengalami peningkatan sebesar 4,8 persen,” ungkapnya, Rabu 10 Januari 2024.

Pada bulan November 2023, IPR mencatat kekuatan yang tetap pada angka 207,9, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 2,1 persen (yoy).

Pencapaian yang stabil ini didorong terutama oleh subkelompok sandang dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang menunjukkan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.

Dalam analisis bulanan, penjualan eceran tetap tumbuh sebesar 0,2 persen (mtm), terutama didukung oleh pertumbuhan segmen suku cadang dan aksesoris serta subkelompok sandang.

BACA JUGA  Penukaran Uang Baru Tradisi Lebaran Dibatasi Rp4 Juta per Orang

Hal ini sejalan dengan perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru yang memicu lonjakan permintaan dalam negeri, serta strategi penawaran diskon dari para pengecer.(06)

Barron Ichsan Perwakum