Gak Bisa Datang ke Singkawang? Festival Cap Go Meh Krendang Raya Jadi Pilihan

Cap Go Meh Krendang Raya
Festival Cap Go Meh Krendang Raya tahun 2018/ist

Jakarta,SudutPandang.id-Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang selalu menyuguhkan pagelaran terbaik. Sehingga tak salah jika event budaya tahunan di kota berjuluk Seribu Kelenteng tersebut selalu dinantikan setiap perhelatannya, termasuk bagi para wisatawan mancanegara. Begitu juga pada tahun 2020 ini, yang puncaknya akan berlangsung pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 mendatang.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, khususnya perantau asal Kalimantan Barat yang tidak dapat menyaksikan pagelaran budaya Cap Go Meh di Singkawang, tidak perlu khawatir.

IMG-20220125-WA0002

Pasalnya, Minggu, 9 Februari 2020, Festival Cap Go Meh juga akan kembali diadakan di Jalan Krendang Raya Tambora Jakarta Barat. Banyak yang menyebut Cap Go Meh Krendang Raya adalah obat rindu bagi mereka yang tidak dapat pulang ke Singkawang.

“Banyak yang bilang Cap Go Meh di Krendang itu rasa Singkawang. Selain warganya kebanyakan orang Singkawang, Cap Go Meh di Krendang Raya juga banyak menampilkan aksi para Tatung,” ujar Akhiong, warga Krendang Tambora, Sabtu (1/2/2020).

Saat dikonfirmasi, Ketua Panitia Cap Go Meh Krendang Raya 2020, Phang Mui Jun mengatakan, agenda tahunan tersebut diselenggaran untuk melestarikan tradisi dan budaya.

“Sabtu, tanggal 8 Februari 2020, saya berada di Singkawang untuk menghadiri Festival Cap Go Meh 2020, kebetulan saya masuk sebagai panitia. Setelah selesai, besoknya hari Minggu tanggal 9 Februari 2020, acara Festival Cap Go Meh Krendang Raya. Mohon doa nya supaya kedua acara baik di Kota Singkawang dan Krendang dapat berjalan aman, dan sukses,” ucap pria yang akrab disapa Ko Ajun.

Cap Go Meh Krendang Raya
Atraksi Tatung Festival Cap Go Meh Krendang Raya tahun 2018/ist

“Semuanya itu untuk melestarikan tradisi dan budaya, yang berdampak pada ekonomi kerakyatan dan sektor pariwisata,” tambah Ketua Umum Yayasan Rumah Kebangsaan Indonesia (YRKI) Darmadi Durianto Tambora itu.
Cap Go Meh adalah perayaan yang digelar pada hari ke-15 menurut penanggalan Imlek.Hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia.

Ada banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki perayaan Cap Go Meh yang meriah. Salah satu perayaan Cap Go Meh yang terkenal adalah ritual Pawai Tatung di Singkawang, Kalimantan Barat.

Di Pulau Jawa juga ada makanan khas Cap Go Meh, yaitu Lontong Cap Go Meh. Lontong Cap Go Meh ini adalah makanan hasil budaya Peranakan Tionghoa-Jawa.(gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.