Hemmen

Kakanwil Kemenag Sumsel Kunjungi Ponpes Baabusalam dan Nurul Iman Pagaralam

Foto:istimewa

“Tetap semangat dalam belajar untuk para santri, ini semua untuk masa depan yang lebih baik, dan kepada masyarakat agar bahu membahu dalam membantu pembangunan karena pembangunan pondok pesantren, tidak cukup dengan berharap dari pemerintah saja.”

PAGARALAM, SUDUTPANDANG.ID – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel) Mukhlisudin mengunjungi Pondok Pesantren Baabusalam, Tebat Baru Ilir, Kelurahan Tebat Giri Indah Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagaralam, Sabtu (4/9/2021).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Rombongam Kakanwil Kemenag Sumsel disambut langsung Ustadz Rizaludin, pimpinan Pondok Pesantren Baabusalam.

Ustadz Rizaludin mengaku bersyukur dan menyambut baik kunjungan tersebut.

“Semoga kedatangan Kepala Kanwil Kemenag ini bisa membantu untuk dimudahkannya di Kota Pagaralam untuk pendirian pondok-pondok pesantren dan menjadi asbab dimudahkannya dalam urusan birokrasi di Kemenag Wilayah Kota Pagaralam untuk mewujudkan generasi yang berahlak,” harapnya.

Menurutnya, Ponpes Baabusalam yang sudah berjalan 5 tahun ini juga sedang dalam proses pembangunan gedung Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah (MTS).

“Ponpes Baabusalam juga rutin mengadakan kegiatan majelis seminggu 2 kali untuk bapak-bapak dan 1 minggu sekali untuk ibu-ibu,” jelas Ustadz Rizaludin.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan meninjau langsung kegiatan yang ada di Ponpres Baabusalam, termasuk melihat kolam lele yang dikelola oleh Habib Alwi Bin Al-Haddad.

Muklisudin terlihat menyapa para santri dan tenaga pendidik. Ia memberikan semangat kepada mereka dalam proses belajar, khususnya mendalami ilmu agama Islam.

BACA JUGA  Al-Qur'an Jadi Teman Setia, Kisah Nyata Kiai Sembuh dari Virus Corona

Pada akhir kunjungannya di Ponpes Baabusalam Kakanwil Kemenag Sumsel beserta rombongan dijamu oleh Ustadz Rizaludin.

“Tetap semangat dalam belajar untuk para santri, ini semua untuk masa depan yang lebih baik, dan kepada masyarakat agar bahu membahu dalam membantu pembangunan karena pembangunan pondok pesantren, tidak cukup dengan berharap dari pemerintah saja,” ucap Muklisudin, yang pernah menjabat Kakanwi Kemenag Kepulauan Riau (Kepri).

Foto:istimewa

Ia juga mengungkapkan untuk memudahkan urusan birokrasi agar melengkapi persyaratan dengan lengkap.

“Kalau susah itu biasanya kalau saratnya tidak lengkap,” candanya.

Ponpes Nurul Iman

Di waktu yang sama, rombongan Kakanwil Kemenag Sumsel juga menyambangi Ponpes Nurul Iman di Desa Jangga, Kota Pagaralam.

Kehadiran rombongan Kemenag Sumse disambut antusias oleh para santri dengan iringan hadroh.

Foto:istimewa

Sebagai tanda kehormatan dan ucapan selamat datang, pimpinan Ponpes Nurul Iman Ustadz Abdul Majid memakaikan sorban kepada Kakanwil Kemenag Sumsel.

BACA JUGA  Bikin Bangga, Ternyata Paiker Miliki Batik Luar Biasa

Dalam sambutannya, Muklisudin mengungkapkan bahwa dirinya dulu pernah mondok. Sehingga sangat memahami kaeadaan Pondok Pesantren.

Pada kesempatan itu, ia juga mengenalkan satu per satu rombongan dari Kanwil Kemenag Sumsel.

Foto:istimewa

Tak lupa Kakanwil juga menyapa Plt Kemenag Kota Pagar Alam Napikurrohman yang menghadiri kunjungan kerjanya ke ponpes.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dan berterima kasih atas kedatangan Kakanwil Kemenag Sumsel Bapak Dr.Drs.Mukhlisuddin, SH, MA beserta rombongan,yang juga akan membantu persyaratan izin operasional untuk Pondok Pesantren Nurul Iman. Dari 180-an siswa dan siswi di Pondok Pesantren Nurul Iman semua santri tidak dipungut biaya,” ungkap pimpinan Ponpes Nurul Iman Ustadz Abdul Majid kepada Sudutpandang.id.

Foto:istimewa

Ulama yang akrab disapa Ustadz Yan ini menuturkan, sempat berbincang dengan Gubernur Sumsel Herman Deru yang akan datang bersilaturahmi ke Ponpes Nurul Iman.(Santo)

Barron Ichsan Perwakum

Tinggalkan Balasan