Kembali Mendarat di Bandara Soetta, Kodam Jaya Kawal Ketat Vaksin Sinopharm

  • Bagikan
Foto:dok.Pendam Jaya

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Kodam Jaya melakukan pengawalan vaksin Sinopharm yang tiba pada Jumat (11/6/2021). Sebanyak 1 juta vaksin Covid-19 asal Cina itu akan diperuntukkan untuk program Vaksinasi Gotong Royong.

Setelah melalui proses cek fisik serta kelengkapan administrasi oleh Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, selanjutnya vaksin tersebut dibawa menuju PT. Adib Cold Logistics Bantar Gebang, Bekasi.

Danpomdam Jaya Kolonel Cpm Yogaswara, selaku penanggung jawab pelaksanaan pengawalan vaksin tersebut, menurunkan sejumlah personelnya untuk mengawal vaksin tersebut.

Foto:dok.Pendam Jaya

Personel yang diterjunkan terdiri dari 12 personel kawal, dan 2 Pam Truk Vaccine dibawah pimpinan pengawalan Mayor Cpm Anjan Kasiwal Pomdam Jaya. Kemudian, 3 unit Ran Kawal dengan rincian 2 Unit Ran Kawal Utama (kawal depan dan kawal belakang) dan 1 Unit Ran Kawal Cadangan termasuk unsur pendukug lainnya dengan total personel kurang lebih 80 orang.

BACA JUGA  Mengapa Harus Malu Mengakui Prestasi Anies Baswedan?

“Kedatangan Vaksin Sinopharm dari China, sebanyak 500.000 vial (1.000.000 dosis) diangkut menuju PT. Adib Cold Logistics Bantar Gebang Bekasi,” ujar Kapendam Jaya, Kolonel Arh Herwin BS, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, pelaksanaan pengawalan dan pengamanan vaksin Sinopharm dari Bandara Soetta menuju Bekasi, kali ini Danpomdam Jaya bertindak selaku penanggung jawab.

“Jauh sebelumnya pengamanan dan pengawalan vaksin, dilaksanakan melalui tahapan Tactical Floor Game (TFG) dengan pengaturan personel maupun teknis pengamanan,” jelas Kapendam Jaya.

Foto:dok.Pendam Jaya

Ia menyebut pengamanan dilaksanakan secara ketat oleh Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Doddy TW. Setiap petugas dilengkapi dengan senjata perorangan.

“Hal ini dilakukan agar prosesi pengawalan dan pengaman vaksin berjalan dengan tertib, aman dan terkendali,” tegas Kapendam Jaya.

BACA JUGA  Gubernur Kalbar Monitoring Vaksinasi di SMA Negeri 1 Pontianak

“Pelaksanaan pengamanan dan pengawalan Vaksin Sinopharm sejak tiba kedatangan di Bandara Soetta sampai di PT. Adib Cold Logistics Bantar Gebang Bekasi, dalam keadaan aman dan terkendali,” sambung Kapendam Jaya.

Foto:dok.Pendam Jaya

Turut hadir di Bandara Soetta saat proses kedatangan sampai dengan proses pemberangkatan vaksin menuju Bandung, diantaranya, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Purwito Hadi, Danpomdam Jaya, Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf Bambang Hery Tugiono, Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol dan Adi Ferdian Saputra,

Kemudian, Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Doddy TW, Kasi Ops Rem 052/Wkr Kolonel Inf Niko, Kaden KBR Gegana Mabes Polri Kompol Octorolas Simbolon serta perwakilan dari Angkasa Pura dan perwakilan Bio Farma.

BACA JUGA  Jadi Orang Pertama Penerima Vaksin Covid-19 di Kalbar, Begini Kata Pangdam XII/Tanjupura

Berdasarkan keterangan resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), vaksin Sinopharm datang dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Vaksin itu dikemas dalam 26 isolation box dengan ukuran 110cm x 100cm x 157cm dan estimasi berat kargo mencapai 10.244 kg.(rls/rkm)

  • Bagikan

Comment