Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama, Kodim 1619/Tabanan Undang Tokoh Agama

  • Bagikan
Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto/Foto:dok.Kodim 1619/Tabanan

TABANAN, SUDUTPANDANG.ID – Kodim 1619/Tabanan menggelar kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama dengan menghadirkan para tokoh dari seluruh agama dan tokoh masyarakat di Makodim Jl. Katamso No.2 Tabanan, Kamis (29/4/2021).

Menurut Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, kegiatan ini untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Tabanan.

BACA JUGA  Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Tabanan, Ini Kata Kapolda

“Indonesia adalah negara yang memiliki kebhinnekaan yang sangat beragam dari suku, budaya, adat istiadat dan agama dan kebhinnekaan inilah yang menjadi pemersatu bangsa, dimana Indonesia memiliki beragam agama yang diakui oleh pemerintah, maka dari itu seluruh warga negara harus hidup berdampingan demi menjaga kerukunan umat beragama,” ungkap Letkol Inf Toni Sri Hartanto, dalam sambutannya saat membuka kegiatan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto saat kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Makodim Jl. Katamso No.2 Tabanan, Kamis (29/4/2021)/Foto:dok.Kodim 1619/Tabanan

Dandim 1619/Tabanan mengatakan, di masa sekarang dengan pengaruh era digital sudah sering melihat terjadinya konflik sosial antar umat beragama, baik penistaan agama maupun ujaran kebencian oleh oknum tidak bertanggung jawab yang ingin memecah bangsa.

BACA JUGA  Waduh, Puluhan Napi Perempuan Lapas Denpasar Minum Disinfektan, I Orang Meninggal

“Maka dari itu kita perlu waspada terhadap kelompok yang ingin berusaha mengganggu solidaritas kerukunan antar umat beragama,” tegasnya.

Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) I Made Sukadana, pada sosialisasinya menyampaikan bahwa FKUB merupakan forum tempat berkoordinasi dan berkomunukasi.

Foto:dok.Kodim 1619/Tabanan

Bertujuan untuk mencegah konflik sosial beragama dan bilamana tokoh agama melihat atau mendengar indikasi adanya konflik beragama.

BACA JUGA  Corona Belum Reda, Kasat Lantas Polres Badung Aan Saputra: Tidak Mudik Lebih Baik

“Mari kita duduk bersama di FKUB kita selesaikan antar tokoh dulu supaya tidak meluas, didalam kita menganut agama dan kepercayaan kita harus saling menghormati satu sama yang lainnya. Maka dari itu seluruh warga negara harus hidup berdampingan demi menjaga kerukunan antar umat,” ajaknya.

Penyelenggaraan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama Kodim 1619/Tabanan Semester I TA 2021 mengusung tema “Mewujudkan Binter TNI-AD yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Foto:dok.Kodim 1619/Tabanan

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tabanan beserta anggota, Ketua FKPPI Kab.Tabanan beserta anggota, Ketua LDII Kab.Tabanan beserta anggota, Perwakilan Tokoh Adat, Tokoh Agama, Perwira Staf dan Perwakilan Anggota Kodim 1619/Tabanan.(one)

  • Bagikan

Comment