Hemmen

Menteri Sandiaga Uno: Indonesia Akan Menerapkan Pembebasan Visa untuk 20 Negara

Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: istimewa)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerapkan kebijakan bebas visa untuk 20 negara.

Dari 20 negara tersebut, antara lain China, Australia, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Jepang, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, dan Spanyol. Lalu, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Sebelumnya, Indonesia telah memberikan kebijakan bebas visa ke 97 negara. Selain itu, ada juga 10 negara yang diberikan bebas visa kunjungan.

Menurut Sandiaga, negara-negara tersebut dipilih karena dua alasan. Pertama, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia tinggi.

Kedua, bagi kawasan Arab dan negara-negara Timur Tengah, ventilasi yang berkaitan dengan kontribusi investasi dan perekonomian Indonesia.

BACA JUGA  Gibran Rakabuming Pamer Ijazah Asli, Dokter Tifa: Saya Nggak Pernah Bilang Palsu!

“Pada bulan ini Presiden Jokowi memerintahkan agar daftar negara yang akan mengeluarkan kunjungan gratisnya disempurnakan, untuk mendapatkan persetujuan dan ditindaklanjuti dengan kebijakan pemberian bebas visa kunjungan ke beberapa negara yang akan kita prioritaskan,” ujar Sandiaga Uno. setelah rapat internal terkait visa. di Istana Negara, Kamis, 7 Desember 2023.(PR/06)

Barron Ichsan Perwakum