Pagelaran Sabang-Merauke, Pentas Melestarikan Seni Budaya Bangsa

Para artis penampil Pagelaran Sabang Merauke-Premiere with Live Performance bersama jajaran tim iForte usai melakukan pementasan di di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/2022). FOTO: dok.IForte

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Sebagai wujud penghargaan sekaligus upaya dalam melestarikan kekayaan bangsa, pementasan seni pertunjukan bertajuk “Pagelaran Sabang Merauke – Premiere with Live Performance” digelar pada 3-5 Juni 2022, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Pementasan seni pertunjukan “Pagelaran Sabang Merauke-Premiere with Live Performance” itu, menurut Vice President Director Marketing & Sales PT iForte Solusi Infotek (iForte) Silvi Liswanda melalui taklimat media yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/6/2022) digagas untuk mengulang sukses acara sebelumnya.

IMG-20220125-WA0002

Pementasan di Djakarta Theater sesungguhnya merupakan rangkaian dan kelanjutan acara dari serupa yang lebih dulu diselenggarakan di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 26 Maret 2022.

Ia menjelaskan Indonesia merupakan negara yang memiliki ribuan suku dan bahasa yang berbeda-beda yang tersebar di lebih dari 17 ribu pulau dari Sabang sampai Merauke.

Dengan luas geografis mencapai 1.811.570 km2, Indonesia juga memiliki kekayaan seni dan budaya yang begitu luas dan luhur.

Beragam khasanah tersebut, mulai dari musik, lagu, tarian, busana adat, hingga aneka warisan budaya tak benda, merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.

“Karena itu, sebagai wujud penghargaan sekaligus upaya dalam melestarikan kekayaan bangsa tersebut, kami selenggarakan pagelaran tersebut,” katanya.

Sementara itu CEO Protelindo Group Aming Santoso menyatakan pagelaran itu sejalan dengan suasana dan semangat peringatan Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni.

“Pagelaran Sabang-Merauke kami harapkan dapat turut memberikan sumbangsih dalam melestarikan serta mengenalkan kekayaan seni budaya bangsa kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” katanya.

Sutradara Pagelaran Sabang-Merauke Rusmedi Agus menjelaskan bahwa pementasan itu adalah sebuah karya kolaboratif dari para seniman hebat Indonesia dari berbagai elemen mulai dari penyanyi, pemusik, penari, dan sebagainya.

“Semua ini akan berpadu lewat harmonisasi antara musik etnik, lagu daerah, hingga tari-tarian tradisional yang lengkap dengan busana adatnya. Kami berharap pagelaran ini dapat menggugah masyarakat untuk semakin mencintai seni dan budaya bangsa,” katanya.

Mengusung konsep yang sama namun dengan penyesuaian dan sentuhan baru, pementasan “Pagelaran Sabang Merauke-Premiere With Live Performance” kembali menyajikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional yang dirangkai secara harmonis.

Untuk mewujudkan itu, pementasan melibatkan lima penyanyi nasional, 46 musisi tradisional dan modern, serta 135 penari profesional.

Sebelum pertunjukkan dimulai, para penonton akan disambut prosesi Palang Pintu khas suku Betawi yang merupakan simbolisasi Jakarta sebagai tuan rumah.

Sementara itu, eks vokalis Band Cokelat Kikan Namara didapuk sebagai “music director”, sekaligus “lead vocal” bersama para penyanyi ternama lainnya seperti Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan.

Nuansa etnik kedaerahan juga akan terasa makin kental berkat Kidung & Team di bagian penata musik tradisional serta dukungan dari Ava Victoria & Team Orchestra.

Mengemban tugas ganda, Kikan Namara mengaku termotivasi untuk menampilkan karya terbaiknya di Pagelaran Sabang-Merauke.

Penyanyi bersuara indah ini bersama rekan-rekannya membawakan rangkaian lagu daerah mulai dari “Bungong Jeumpa” dari Aceh hingga “Yamko Rambe Yamko” dari Papua.

Silvi Liswanda menambahkan selain pementasan Pagelaran Sabang-Merauke, para pengunjung juga bisa menyelami bermacam keindahan budaya Nusantara melalui “cultural fair” yang berlangsung di luar area pertunjukan.

Bertambah meriah karena juga akan ada festival UKM pilihan untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa.

Festival UKM ini melibatkan berbagai UKM #banggalokal binaan BCA serta UKM yang mewakili program iFortepreneur, program Digital Business Plan Competititon untuk UKM dari iForte.

Tidak hanya bisa dinikmati secara live di Djakarta Theater, Pagelaran Sabang-Merauke juga bisa disaksikan melalui akun Youtube iForte Solusi Infotek mulai Senin, 6 Juni 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.