POGI JAYA Serukan Keamanan Ibu dan Anak dari Pandemi Corona

Ilustrasi/shutterstock

Jakarta, SudutPandang.id-Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (POGI JAYA) menyerukan keamanan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi serta anak-anak dari virus corona (covid-19).

Menurut Sekjen POGI JAYA, dr Ulul Albab, SpOG, meski masih belum diumumkan adanya kasus terpaparnya Covid-19 pada ibu hamil dan ibu menyusui di Indonesia, namun kedua kelompok ini juga tetap perlu waspada dengan lebih meningkatkan imunitas tubuh mereka.

IMG-20220125-WA0002

“Ibu hamil dan menyusui rentan dengan berbagai penyakit akibat perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuh mereka lebih rendah,” ujar Ulul Albab, dalam keterangan pers yang terima SudutPandang, Selasa (17/3/2020).

Pihaknya meminta agar pihak rumah sakit memperhatikan keselamatan para tenaga medis yang sedang hamil saat bertugas. Prioritas alat peralatan keselamatan harus diutamakan bagi para tenaga medis yang sedang hamil tersebut.

Berikut rekomendasi POGI JAYA:

-Konsumsi makanan yang bergizi dan sehat beserta vitamin bagi ibu hamil
-Hindari keluar rumah apabila tidak diperlukan. Apabila harus keluar rumah, kenakan pakaian tertutup rapat dan masker. Sekembalinya dari rumah, bersihkan badan segera dengan mandi, dan jangan dekati anak sebelum membersihkan badan.
-Hindari berada di keramaian. Upayakan menjaga jarak satu sama lain apabila berada di keramaian.
-Apabila pada ibu menyusui terdapat gejala flu, demam, sewaktu memberikan ASI, sebaiknya tidak diberikan secara langsung, melainkan dipompa terlebih dahulu dan diberikan melalui peralatan lainnya (sendok, dot botol, dan lain-lain)
-Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasa kurang sehat dan memiliki gejala mirip flu.
-Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai tindakan pencegahan lainnya yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.(bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.