Hukum  

Absen dalam Silaturahmi Forwaka-Kejagung, Kapuspenkum Ketut Sumedana Jadi Sorotan

Forwaka
Semangat kebersamaan wartawan Forwaka saat Mubes dan silaturahmi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (26/11/2022)/Foto: istimewa

CIKARANG, SUDUTPANDANG.ID – Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) Ketut Sumedana, jadi sorotan Forum Wartawan Kejaksaan RI (Forwaka). Pasalnya, Ketut tidak hadir dalam acara silaturahmi Forwaka dengan Kejaksaan yang berlangsung di bilangan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu-Minggu (26-27) November 2022.

“Ternyata Kapuspenkum Ketut Sumadena tidak hadir katanya, ini acara tidak dianggap penting rupanya padahal forum ini adalah penting dalam hubungan kemitraan humanis antara Kapuspenkum dan wartawan,” seloroh beberapa wartawan sebelum sidang pemilihan Ketua Forwaka.

IMG-20220125-WA0002

Penasihat Forwaka yang juga Ahli Pers Dewan Pers Haris Fadillah membenarkan ketidakhadiran secara langsung Kapuspenkum Ketut Sumedana dalam acara silaturahmi jaksa dan wartawan yang digelar bersamaan dengan acara Musyawarah besar (Mubes) sekaligis pemilihan Ketua Forwaka Periode 2022-2024.

Menurut wartawan senior ini, seharusnya Kapuspenkum sebagai jubir Korps Adhyaksa dapat meluangkan waktu agar dapat menghadiri acara yang digelar Forwaka.

“Alangkah eloknya seorang Kapuspenkum hadirlah secara langsung sebagai wujud peran Kapuspenkum dalam menciptakan sinergitas insan pers yang melakukan peliputan tugas jurnalis di Kejagung,” tutur Haris juga mantan Pengurus PWI Pusat yang puluhan tahun meliput di Kejagung.

“Jika memang berhalangan untuk menghadiri secara langsung, masih dapat memberikan arahan dari manapun melalui zoom meeting, wartawan butuh pengarahan secara langsung. Sekarang sudah era digital, sudah canggih, semua itu bisa dimungkinkan dilakukan,” sambung Haris.

Ia mengatakan, Forwaka merupakan wadah insan pers di Kejagung yang selayaknya terbangun perhatian secara khusus dari Kapuspenkum atas nama institusi Adhyaksa.

Menyikapi ketidakhadiran Kapuspenkum, Haris berharap Jaksa Agung Burhanuddin, ke depannya dapat menunjuk Kapuspenkum yang peduli dalam membangun kemitraan humanis bersama Forwaka.

“Ini jadi sejarah baru hubungan kemitraan jaksa dan wartawan, selama puluhan baru pertama kali ini tanpa kehadiran secara langsung Kapuspenkum,” ungkap Haris sambil mengajak wartawan tetap fokus mengikuti acara.

Meski tanpa dihadiri Kapuspenkum Ketut Sumadena, silaturahmi Jaksa dengan para jurnalis yang tergabung dalam Forwaka berlangsung lancar dan sukses.

Acara dibuka dan dihadiri Jaksa Agung Muda Intelijen Kejagung (Jam Intel) Amir Yanto dan ditutup oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi Ricky Setiawan Anas.

“Kami tidak kecewa, hanya menyayangkan saja,” ujar Haris menekankan.

Dalam Mubes yang dihadiri puluhan jurnalis, Zamzam Siregar kembali terpilih sebagai etua Forwaka 2022-2024.

Apresiasi Jamintel

Dalam sambutannya, Jamintel Amir Yanto, selaku Dewan Pelindung Forwaka, mengapresiasi pelaksanaan silaturahmi Forwaka yang berjalan tertib dan lancar. Ia berharap ada pemikiran baru, untuk hal-hal baru yang selama ini terjalin sinergi antara Forwaka dan Kejaksaan.

“Semoga silaturahmi Keluarga Besar Forwaka bisa berjalan dengan lebih baik lagi,” harapnya.

Jamintel memaklumi bahwa sekarang masih terpengaruh pandemi Covid-19.

“Semoga tahun depan berjalan dengan semestinya, termasuk wawancara door stop belum bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tapi kegiatan coffee morning masih bisa berjalan,” ucap Amir Yanto, yang pernah menjabat Kapuspenkum Kejagung.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada Forwaka yang sudah menyampaikan informasi ke publik tentang kinerja Kejaksaan dalam penanganan hukum.(05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *