Arab Saudi Kembali Buka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Masjidil Haram/AFP

SudutPandang.id-Pemerintah Arab Saudi kembali membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, setelah selama dua hari kedua masjid tersebut dilakukan sterilisasi.

“Pemerintah Arab Saudi membuka kembali dua tempat suci umat Islam, Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, setelah keduanya sempat ditutup untuk sterilisasi demi menghambat penyebaran virus Corona (covid-19),” demikian informasi yang dikutip Reuters, Jumat (6/3/2020).

IMG-20220125-WA0002

Sterilisasi berlangsung pada Kamis (5/3/2020) selama satu jam setelah shalat Isya dan hari Jumat (6/3/2020) satu jam sebelum shalat Subuh pada waktu setempat.

Hal ini dilakukan terkait merebaknya kasus virus corona di seluruh dunia. Pemerintah Arab Saudi bahkan menunda sementara ibadah umrah dalam jumlah besar yang akan berkumpul di kedua masjid tersebut.

Dilansir AFP, berdasarkan statistik Pemerintah Arab Saudi di tahun 2018, jumlah jemaah umrah yang datang ke Arab Saudi bisa mencapai 18,3 juta orang.

Terkait penanganan virus covid1-19, Juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi Mohammed Abdelali mengatakan, sudah ada 2.200 tempat tidur di 25 rumah sakit untuk kepentingan karantina jemaah yang tertular corona.

Sebelumnya, negara kerajaan itu melarang warga asing, termasuk Indonesia melakukan perjalanan umrah ke Mekah dan Madinah. Keputusan tersebut diambil untuk menghentikan penyebaran virus.(ruli*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.