Hemmen
Hukum  

Jaksa Agung: Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Bisa Cegah Korupsi

JDIHN memberikan penghargaan tertinggi kategori "Eka Acalapati”
Jaksa Agung ST Burhanuddin - Foto: istimewa

BALI, SUDUTPANDANG.ID – Tata kelola pemerintahan yang baik merupakan kunci utama menjamin efisiensi, transparansi dan akuntabilitas.

Hal itu disampaikan Jaksa Agung Burhanuddin pada acara CNN Indonesia Award dengan tajuk “Dari Pulau Dewata Menuju Kebanggaan Nusantara” di Hotel The Stones, Bali, Senin (13/05/2024) malam.

Kemenkumham Bali

“Karena itu melalui tata kelola pemerintahan yang baik dapat mencegah perbuatan korupsi, baik di pemerintahan, sektor publik maupun swasta,” kata Jaksa Agung Burhanuddin.

Jaksa Agung menyebutkan juga melalui tata kelola pemerintahan yang baik akan memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan ekonomi, peningkatan kesejahteraan sosial, pelestarian budaya dan perlindungan lingkungan.

Adapun, kata dia, Kejaksaan sebagai lembaga negara dan pemerintah memiliki tugas, fungsi dan pokok dalam penegakan hukum yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah Pusat, Daerah, BUMN/D maupun lembaga negara.

BACA JUGA  Perusahaan Swasta Nasional Gugat BUMN Malaysia ke PN Jakpus

“Baik melalui bidang Intelijen, datun serta bidang lain yang mempunyai fungsi penyelamatan, pemulihan dan pengembalian keuangan negara dan inilah yang menjadi dasar fungsi pencegahan lebih baik didahulukan dari penindakan,” katanya.

Jaksa Agung sendiri menyampaikan apresiasi kepada CNN Indonesia yang telah berperan melaksanakan sosial kontrol dan kepedulian kepada pemerintah, sektor publik dan swasta dalam menggerakkan semangat perubahan melalui pemberian penghargaan.

“Penghargaan ini mewujudkan adanya tata kelola yang baik pada setiap lembaga penerima sehingga program pencegahan korupsi berupa pengamanan, pendampingan dan pemberian pendapat hukum yang dilakukan sudah cukup efektif,” katanya.

Adapun CNN Indonesia Award diberikan kepada Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Daerah maupun Private Sector yang berjasa menciptakan inovasi dan karya khususnya dalam pembangunan berkelanjutan yang fokus pada good governance secara efektif.

BACA JUGA  Jaksa Agung Apresiasi Keluarga Besar Purna Adhyaksa

Salah satu yang mendapat Award dari CNN Indonesia yaitu Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Ketut Sumedana. Penghargaan yang diterima Ketut yaitu  “Best Justice Leadership” atas kepemimpinan dan prestasinya dalam membangun penegakan hukum yang bersifat humanis dan tidak pandang bulu.

Ketut mengatakan penghargaan yang diterimanya akan didedikasikan untuk penegakan hukum hebat, modern dan progresif di Bali. Dia pun siap menggandeng seluruh stakeholder untuk melakukan tata kelola pemerintahan yang baik dalam pencegahan korupsi di Bali.

Hadir dalam acara antara lain Chairul Tanjung selaku CEO CT Corp, Ketua PHR Balik Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, jajaran Forkompimda Provinsi Bali, Pimpinan Redaksi CNN Indonesia, para Kepala Daerah se-Bali. Serta Wakajati Bali I Gede Wirajana, para Asisten dan Kajari se-Bali. (05)