oleh

Wih, di Indonesia Ada Taksi Terbang

Yogyakarta, SudutPandang.id-Bagi yang kerap mengeluh soal kemacetan di jalan raya, pastinya sering menghayal dapat berada di mobil terbang seperti kendaraan dalam film futuristik.

Namun, semua itu ternyata akan menjadi kenyataan seiring sejumlah perusahaan yang tengah mengembangkan taksi terbang. Bahkan sudah ada yang melakukan uji coba, termasuk perusahaan di Indonesia.

Taxi drone yang diklaim pertama di Indonesia buatan start up dari Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Frogs Indonesia diuji coba di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (7/3/2020).

Dilansir dari Kompas.com, sejumlah karyawan dari Frogs Indonesia mempersiapkan drone dengan merakit satu persatu bagian drone.

Selama hampir 1,5 jam persiapan, drone kemudian diuji coba di landasan pacu. Setelah delapan mesin berputar, drone terlihat terbang beberapa sentimeter dari permukaan tanah. Beberapa teknisi sempat menghentikan dan memeriksa drone tersebut setelah beberapa kali percobaan.

Co Founder Frogs Indonesia Asro Nasiri mengatakan, taxi drone ini merupakan generasi kedua dari drone sebelumnya. Drone ini mampu mengangkut dua orang dengan berat 200 kilogram.

“Namanya itu Frogs 282, yang berarti dua penumpang dengan delapan mesin, dan merupakan generasi kedua,” kata Asro saat ditemui di Lanud Gading, Sabtu. Riset pembuatan drone dilakukan sejak 2017.

“Uji coba memang tidak boleh tinggi ya, karena harus melewat beberapa proses,” kata Asro.

Pihaknya mengaku cukup puas karena delapan mesin drone sudah bisa bekerja untuk mengangkat bodi drone.

“Ada beberapa para meter masukkan yang penting semua motornya berfungsi. Dan motornya cukup kuat untuk mengangkat wahana, beberapa sentimeter di atas tanah,” ujar Chief Technology Official (CTO) Dedi Satria Maulana.(fil)

BACA JUGA  Mantap, PT Pelni Menangkan Dua Penghargaan Top Digital Awards 2019

Komentar

News Feed