Kejujuran Petugas Kebersihan di Stasiun Tugu Temukan Tas Berisi Uang Rp 44 Juta

Foto : dok. Daop 6

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Petugas kebersihan Stasiun Tugu, Yogyakarta, Sudaryanto menemukan tas berisi uang senilai Rp 44 juta. Dia pun bertindak jujur dengan mengembalikan tas berisi uang tersebut.

Sudaryanto hari itu seperti biasanya, mengepel lantai di dekat area mesin cetak tiket. Warga Sleman itu, melihat sebuah tas selempang yang tertinggal, ia pun langsung melapor dan menyerahkan tas itu ke Pos Pengamanan.

Kemenkumham Bali

Petugas pengamanan pun mengecek tas tersebut. Ternyata, di dalam tas itu terdapat uang sebanyak Rp 44.108.000 serta sebuah handphone.

“Saya temukan tas di depan area cetak tiket lalu saya kasih ke pos keamanan. Pas nemu (menemukan) nggak berani buka. Lalu dibuka sama 4 orang sebagai saksi ternyata isinya uang. Totalnya itu sekitar Rp 40 jutaan lebih,” kata Sudaryanto kepada wartawan.

BACA JUGA  DJKI Kemenkumham Dorong Pelindungan KI yang Belum Maksimal di Maluku

Pria yang sudah bekerja di Stasiun Tugu Jogja selama 10 tahun itu mengaku kaget saat mengetahui ada tumpukan uang dalam tas. Uang dalam tas itu terdiri dari pecahan Rp 100 ribu.

Petugas lalu membuat pemberitahuan dan tak berselang lama pemilik tas itu mendatangi pos pengamanan. Tas itu dikembalikan dalam keadaan utuh.

Untuk itu, Manager Humas PT KAI Daop 6 Franoto Wibowo mengimbau penumpang untuk menjaga barang bawaannya. Sebab barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang sendiri.

Pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023, Daop 6 juga telah melakukan pengembalian 21 barang kepada pemiliknya, mulai dari Laptop, HP, Tablet, Smartwatch, Dompet, dan lain-lain dengan taksiran senilai Rp 74 juta.

BACA JUGA  Vicky Prasetyo Tak Menyesal Habiskan Miliaran Buat Nyaleg

“Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI Daop 6 sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya,”ungkapnya.

Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

“Pada masa peak season memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel,” tutupnya.(04)

Tinggalkan Balasan