Dukung Iklim Jurnalisme Profesional, PT PII Gelar UKW

  • Bagikan
Pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Universitas Prof. Dr. Moestopo, Kamis, 9 September 2021 (Foto: Istimewa)

Indra Pradana Singawinata, SVP CEO Office PT PII: “Diharapkan, nantinya juga akan ada program lanjutan seperti pendidikan dan pelatihan bagi wartawan guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan Indonesia.”

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) kali ini ditujukan kepada para insan jurnalis dengan menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat muda.

‘PT PII berinisiatif untuk mendorong agar semakin banyak wartawan yang tersertifikasi,” kata Muhammad Wahid Sutopo, Direktur PT PII, saat menyampaikan sambutan pembukaan UKW angkatan pertama, Kamis (9/9/2021).

UKW dilaksanakan di kampus Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta. Angkatan pertama berlangsung pada Kamis – Jumat (9 – 10 September), angkatan kedua akan berlangsung pada Sabtu – Minggu (11-12 September). Sedangkan untuk angkatan ketiga dan empat pelaksanaannya direncanakan pada pertengahan Oktober 2021.

Program CSR dengan menggandeng kerjasama dengan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) ini berlangsung pada September hingga Oktober 2021 dan ditargetkan akan diikuti kurang lebih 80 orang wartawan yang terbagi menjadi empat angkatan.

BACA JUGA  Pelaksanaan Vaksinasi Insan Pers Lancar, Panitia Diapresiasi

Saat ini, di Indonesia terdapat sekitar 120 ribu orang wartawan, namun sejak diwajibkannya sertifikasi wartawan oleh Dewan Pers sebagaimana amanat undang-undang, baru sekitar 28 ribu orang yang memiliki Sertifikat Kompetensi Wartawan.

“Kegiatan CSR kali ini sementara akan berlangsung dalam empat angkatan dengan target 80 orang wartawan,” terang Sutopo.

Ia mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi akselerasi guna mempercepat semakin banyaknya wartawan profesional yang tersertifikasi.

BACA JUGA  Minta Polri Segera Tangkap Penghina Islam, RT Udin: Ini Bukan Soal Terprovokasi

Acara pembukaan UKW dilangsungkan secara daring dihadiri Dekan FIKOM Moestopo, Dr. Prasetya Yoga Santoso dan Anggota Dewan Pers Jamalul Insan.

Fokus Penanganan Covid-19

Disebutkan, kegiatan CSR PT PII selama kurun waktu dua tahun terakhir ini fokus terhadap penanganan pandemi Covid-19. Diantaranya memberikan bantuan pelatihan bagi UMKM, bantuan kesehatan langsung, pendidikan dan latihan serta tanggap bencana.

“Keempat hal tersebut menjadi empat pilar CSR PT. PII,” kata Indra Pradana Singawinata, SVP CEO Office PT PII, dalam keterangannya.

Indra menyampaikan, tujuan dari penyelanggaraan CSR dalam bentuk UKW kali ini sebagai bentuk kepedulian persero terhadap peningkatan kualitas jurnalisme di Indonesia.

“Diharapkan, nantinya juga akan ada program lanjutan seperti pendidikan dan pelatihan bagi wartawan guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan Indonesia,” kata Indra.(say)

  • Bagikan

Comment