Hemmen

Gelar Juara Negara Terbanyak Ekspor Mobil 2023 Diraih China

China
China menjadi negara terbesar ekspor mobil di dunia - Foto: istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Nikkei Asia menyebut China merebut gelar juara negara terbanyak ekspor pada tahun lalu dari Jepang.Takhta ini untuk pertama kalinya didapat China yang sudah menjadi pemasok besar mobil listrik ke seluruh dunia.

Pada 2023 Jepang mengekspor 4,42 juta unit berdasarkan data yang dirilis Japan Automobile Manufacturers Association pada Rabu (31/1). Angka ini naik 16 persen dari tahun sebelumnya.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Jepang kehilangan gelar negara pengekspor terbesar di dunia usai mempertahankannya selama tujuh tahun. Terakhir kali Jepang tak menjadi nomor satu ketika disalip Jerman pada 2016.

China membukukan ekspor 4,91 juta unit pada tahun lalu menurut data China Association of Automobile Manufacturers yang merupakan kenaikan 58 persen.

BACA JUGA  Mobil Listrik Termahal di Indonesia, Hanya Diproduksi 12 Unit dengan Harga Rp3,95 Miliar

Faktor utama yang membuat ekspor mobil buatan China meningkat adalah permintaan dari Rusia. Produsen otomotif di Jepang dan Eropa sudah menyatakan tak mau lagi menyentuh Rusia usai negara ini menyatakan perang dengan Ukraina.

Selain itu ekspor melimpah juga didorong kenaikan distribusi kendaraan kategori energi baru, yang termasuk mobil listrik di dalamnya.

Simbol geliat ekspor mobil listrik dari China adalah BYD, yang sudah melewati penjualan global Tesla untuk pertama kalinya pada kuartal keempat 2023. (CNN/06)

Barron Ichsan Perwakum