Heboh, Masjid Berumur Ratusan Tahun Muncul dari Danau di India

Sebuah masjid yang telah puluhan tahun tenggelam di sebuah danau di bendungan Phulwaria di negara bagian Bihar, India dilaporkan muncul kembali.

INDIA, SUDUTPANDANG.ID – Sebuah masjid yang telah puluhan tahun tenggelam di sebuah danau di bendungan Phulwaria di negara bagian Bihar, India dilaporkan muncul kembali.

Masjid yang kemudian diketahui bernama Masjid Noori tersebut muncul kembali setelah air mengering di ujung Selatan waduk bendungan, menurut laporan Kashmir Media Service.

IMG-20220125-WA0002

Dilansir dari The Islamic Information, Kamis 8 September 2022, pada tahun 1985, Bendungan Phulwaria memang dilaporkan telah menenggelamkan Masjid yang dikenal sebagai Masjid Noori. Sebuah masjid bersejarah dengan tinggi sekitar 30 kaki atau sekitar 9 meter.

Menurut laporan itu, banyak pemuda akhirnya memadati area tersebut saat melihat Masjid telah muncul.

Mereka harus berjalan melewati lumpur untuk menuju masjid hingga mencapai tembok pembatas dari struktur masjid lama

Bangunan itu benar-benar utuh ketika banyak orang memasuki Masjid. Orang-orang kemudian terheran karena struktur Masjid belum rusak meskipun terendam selama beberapa dekade.

Ketika ketinggian air belum cukup surut, hanya sebagian kecil dari kubah Masjid yang terlihat, sehingga sulit bagi orang untuk memahami apa itu semua.

Namun, siapapun dapat melihat Masjid Noori di tempat terbuka ketika tanah itu mengering, dan membuat banyak orang tertarik melihat masjid.

Masjid yang tenggelam ini diyakini sudah ada sebelum pembangunan Bendungan Phulwaria dimulai pada tahun 1979.

Awalnya, saat pembangunan bendungan telah selesai, Masjid tidak terdampak. Namun kemudian seluruh area, termasuk Masjid, terendam oleh air bendungan yang tertampung.

Diyakini bahwa Masjid ini dibangun sekitar awal abad ke-20 dan memiliki usia maksimal sekitar 120 tahun.

Sebagai hasil dari pengamatan arsitektur kubah Masjid, diyakini rumah ibadah ini dibangun dengan ciri arsitektur periode Mughal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.