Jangan Ngaku Orang Jawa Barat Kalau Gak Suka Karedok

Karedok/net

Bandung, Sudut Pandang-Selain gado-gado, Indonesia juga memiliki makanan khas yang terbuat dari aneka sayur-sayuran. Karedok, Ya, makanan asal Jawa Barat ini selalu mengundang selera untuk dicoba karena menyajikan aneka sayuran segar yang disajikan dengan bumbu kacang yang gurih.

Karedok terbuat dari bahan-bahan sayuran segar yang masih dalam keadaan mentah seperti, ketimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Siraman bumbu kacang yang membuat karedok menjadi nikmat terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

IMG-20220125-WA0002

Sebagai makanan, karedok tidak hanya nikmat tapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahan-bahan sayuran yang masih dalam keadaan mentah dan segar dipercaya memiliki nilai serat yang tinggi. Sehingga makanan yang biasanya di jual bersamaan dengan gado-gado ini cocok untuk kalian yang sedang menjalankan program diet.

Meski sama-sama menggunakan bumbu kacang, bumbu rempah yang dipakai karedok sedikit berbeda dengan gado-gado. Ada beberapa jenis sayur yang sama dengan karedok, namun ada juga yang berbeda. Misalnya daun kemangi. Gado-gado tak menggunakan kemangi di dalamnya. Gado-gado mengandung sayuran seperti toge, kacang panjang, bayam, dan kangkung yang sudah direbus ke dalam campuran saus kacang. Sementara karedok sayurannya dalam keadaan mentah dan segar.

Karedok sendiri berasal dari sebuah desa bernama Desa Karedok yang berada di Kecamatan Jati Gede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.Red/Den*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.