Hemmen

Keluarga Besar Ulama Demak KH Muchtarom Gelar Halal Bihalal di Semarang

Keluarga Besar Ulama Demak KH Muchtarom Gelar Halal Bihalal di Semarang
Keluarga Besar Ikhrom mengadakan pertemuan ke-8 di Semarang pada 13 April 2024. Acara tersebut dihadiri seluruh perwakilan se-Indonesia. (Foto: Ikhrom)

SEMARANG, SUDUTPANDANG.ID – Kerabat keturunan salah satu ulama besar Demak Jawa Tengah KH Muchtarom yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar KH Muchtarom (Ikhrom) baru-baru ini menggelar Halal Bihalal Idul Fitri 1435 H di Semarang.

Pertemuan ke-8 Ikhrom ini dihadiri peserta perwakilan yang berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kemenkumham Bali

Salah satu tokoh Demak, H. Nurus Sholihin yang kini menjabat sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang dalam keterangannya, Senin (15/4/2024) mengemukakan, selaku tuan rumah pihaknya merasa bersyukur dapat mempertemukan sanak saudara Bani Ikhrom dalam rangka Idul Fitri 1445 H pada Sabtu, 13 April 2024.

Pertemuan yang dinanti-nantikan dengan penuh antusiasme oleh warga Demak keturunan KH Muchtarom itu menjadi momentum silaturahim yang sangat berharga bagi para peserta dari Jakarta, Surabaya, Bekasi, Salatiga, Demak, Semarang, Kalimantan, Ambon dan wilayah lainnya.

BACA JUGA  200 Mahasiswa IBI-K57 Dikukuhkan Jadi Sukarelawan PMI

Momentum Lebaran tahun 2024 dinilai tepat karena memperkenalkan anggota yang baru dengan seluruh keluarga besar Bani Ikhrom yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

H. Nurus juga menjelaskan, acara pertemuan Bani Ikhrom yang dihadiri skitar 150 perwakilan Bani Ikhrom dari berbagai daerah itu tidak hanya menjadi forum pertemuan rutin, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kolaborasi di antara komunitas yang beragam.

Kegiatan pertemuan Bani Ikhrom tersebut juga dimeriahkan dengan beragam acara, mulai dari diskusi, presentasi, hingga kegiatan sosial dan pembagian doorprize, sehingga memungkinkan para peserta untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi. Acara tersebut dipandu oleh FAY, eks penyiar Radio Kota Wali.

BACA JUGA  PLN Manfaatkan Abu Sisa Pembakaran PLTU Dukung Ekonomi Sirkular

Adapun diskusi yang digelar mengangkat berbagai isu aktual dan strategis, memperkaya wawasan peserta serta membuka ruang untuk kolaborasi dan jejaring lebih lanjut di masa depan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua peserta, pembicara, dan mitra yang telah turut serta dalam kegiatan ini. Semoga pertemuan ini menjadi awal yang baik untuk kerja sama yang lebih erat dan pencapaian yang lebih besar di masa depan,” kata H. Nurus.

Sementara Ketua Ikhrom, Sholichul Hadi berharap acara pertemuan usai Lebaran itu bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya, karena makna pertemuan silaturrahim tersebut sangat dirasakan oleh setiap anggota.

Acara yang mengusung tema “Sucikan hati, Genggam Silaturahmi Meenuju Keluarga Harmoni” itu relevan dengan materi tausiyah oleh H. Ali Masykur dari Kudus yang merupakan cucu almarhum KH Muchtarom. Salah satu hikmah silaturahim adalah memperkuat ikatan kekeluargaan.(PR/01)