Hemmen

KPU Jaktim Siapkan 41 TPS Khusus, Berikut Lokasinya

KPU Jaktim Siapkan TPS Khusus
Ketua KPU Jaktim Tedi Kurnia secara simbolis menyerahkan logistik Pemilu di TPS Khusus Lapas Cipinang, Selasa (13/2/2024). Foto: istimewa

JAKARTA|SUDUTPANDANG.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur (Jaktim) telah menyiapkan sebanyak 41 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus pada Pemilu 2024. TPS tersebut akan dijaga ketat oleh aparat kepolisian dan TNI.

“Di Jakarta Timur terdapat 41 TPS khusus, 33 TPS khusus di antaranya berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan),” kata Ketua KPU Jakarta Timur, Tedi Kurnia, saat meninjau kesiapan TPS di Lapas Kelas I Cipinang, Jatinegara, Jaktim, Selasa (13/2/2024).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Sementara, sisanya berada di Pondok Bambu, Apartemen Bassura, Jatinegara dan Apartemen Sedayu, Cakung,” sambungnya.

Tedi menjelaskan, TPS khusus ini untuk memfasilitasi pemilih yang tidak bisa memilih di tempat tinggal atau domisili saat hari pemungutan suara karena kondisi tertentu dan terkonsentrasi di suatu tempat, seperti di panti sosial, warga dari luar Jakarta yang tinggal dan bekerja di Jakarta serta warga binaan di Lapas dan Rutan.

BACA JUGA  Lokasi Banjir di Jaktim Berkurang 13 Titik

“Kami telah berkoordinasi dengan Polres Metro Jakarta Timur dan Kodim 0505/JT untuk membantu pengamanan di TPS Khusus,” ujarnya.

Tedi menargetkan pendistribusian logistik ke seluruh TPS rampung pada Selasa (13/2) malam sekitar pukul 23.59 WIB.

“Alhamdulillah, sudah lancar karena pengamanan sudah sangat luar biasa baik dari Dandim dan Kapolres termasuk dari perangkat Pemkot Jaktim sangat membantu kami sehingga kami ketika pendistribusian itu tidak kendala apapun,” katanya.

Sementara itu Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly menyatakan pihaknya akan menerapkan pengamanan tersendiri bagi TPS Khusus. Setiap TPS Khusus, nantinya satu TPS dijaga dua personel anggota Polri.

“Kami mengerahkan 2.400 orang personel dibantu dari personel TNI sebanyak 600 personel untuk pengamanan selama pemilu di Jakarta Timur. Pengamanan itu dilakukan secara keseluruhan di 8.812 TPS di Jakarta Timur. Petugas juga melakukan patroli untuk menjaga keamanan di Jaktim,” ungkap Nicolas.

BACA JUGA  Sulit WNI Pekerja Imigran 'Mencoblos' di Rusia

Sebagai informasi, pengecekan TPS Khusus tersebut dipimpin oleh Wali Kota Jaktim Muhammad Anwar.

Bersama unsur Forkopimda, Anwar mengecek 12 TPS yang berada di Lapas Cipinang Selasa (13/2).

Hadir mendampingi Anwar, Kapolres Metro Jaktim, Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, Dandim 0505/JT Letkol Arm Suyikno, Seko Jaktim Kusmanto, Ketua KPU Jaktim Tedi Kurnia, Bawaslu Jakarta Timur dan unsur terkait lainnya.(erf/rkm/01).

Barron Ichsan Perwakum