Penanganan Corona Diragukan Australia, Begini Jawaban Terawan

Menkes Terawan Agus Putranto/net

Jakarta, SudutPandang.id-Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merespon santai atas pernyataan Perdana Menteri Australia Scott Morrison yang meragukan tidak ada kasus virus corona di Indonesia.

“Ragu ya biasa saja. Nanggapin orang ragu, ya pusing,” ujar Terawan, saat berada di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020).

IMG-20220125-WA0002

Menkes mengatakan, semua WNI yang diduga mengidap virus corona sudah dinyatakan negatif. Termasuk yang baru saja dijemput dari luar negeri.

“Kami sudah menjemput WNI dari Wuhan. Kemudian, WNI di kapal World Dream dan Diamond Princess yang akan diobservasi beberapa pekan ke depan di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta,” jelas Terawan.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto ini mengungkapkan, ada kasus seorang pasien di RS Kariadi, Semarang, Jawa Tengah yang meninggal dunia usai diisolasi dan dirawat secara khusus.

Namun, pasien tersebut meninggal dunia bukan akibat virus corona, melainkan flu babi (H1N1).

“Semua hasil PCR (Polimerase Chain Reaction)-nya itu negatif. Jadi saya menyatakan bahwa sampai detik ini semua hasil pemeriksaan itu negatif,” tegas Terawan.

Sebelumnya, PM Australia Scott Morrison mempertanyakan klaim mengenai virus corona (Covid-19) yang sampai sekarang belum terindentifikasi di Indonesia.

Keraguan Morrison disampaikan saat dirinya menjadi narasumber dalam sebuah wawancara salah satu stasiun radio Australia, 3AW, belum lama ini.

Ia mengatakan, klaim Indonesia belum adanya warga yang terinfeksi virus corona merupakan “bentuk dari kemampuan mereka untuk menguji”.

“Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan banyak pulau dan akan sangat sulit untuk memberikan jaminan absolut tentang angka-angka tersebut,” ungkap Morrison dilansir SudutPandang dari The Sydney Morning Herald.(ruli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.