UMKM Binaan PLN Berikan Pelatihan Hidroponik Untuk Warga Kab.Badung

UMKM Binaan PLN Berikan Pelatihan Hidroponik Untuk Warga Kab.Badung

BALI, SUDUTPANDANG.ID –Tanaman hidroponik saat ini sedang naik daun. Selain mudah perawatannya, juga tidak memerlukan lahan yang luas. Hal itu membuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero), Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Hidroponik Abianbase, memberikan pelatihan hidroponik secara langsung kepada masyarakat di Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Pelatihan ini dukung oleh antusiasme masyarakat di Abianbase yang ingin mengetahui seluk-beluk budi daya tanaman hidroponik yang sudah dijalankan oleh UMKM KWT Srikandi Hidroponik Abianbase selama dua tahun terakhir ini.

IMG-20220125-WA0002

Menurut ketua UMKM KWT Srikandi Hirdoponik Abianbase, Ni Ketut Purnami, masyarakat lebih mengenal produk UMKM KWT Srikandi Hirdoponik Abianbase setelah UMKM tersebut mendapatkan bantuan gerobak listrik dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang disalurkan oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Bali.

BACA JUGA  Tanpa Gejala, Panglima TNI Terpapar Covid-19

“Berawal dari pemasaran keliling sayuran hidroponik dengan menggunakan gerobak listrik, masyarakat menjadi tertarik dengan pertanian menggunakan hidroponik sehingga kami berinisiatif menggelar pelatihan hidroponik kepada masyarakat sekitar,”ujar Purnami.

Pelatihan hidroponik ini diikuti oleh sekitar 30 warga Kelurahan Abianbase. Materi pelatihan yang diberikan antara lain pengetahuan dasar teknik budidaya tanaman secara hidroponik, pengetahuan tentang nutrisi hidroponik dan pengetahuan tentang berbagai macam sistem hidroponik serta analisa usaha budidaya sayuran secara hidroponik.

Selain itu, warga juga diajak untuk melihat praktik pembuatan penyemaian bibit secara langsung serta berkeliling di rumah hidroponik milik UMKM KWT Srikandi Hidroponik Abianbase untuk melihat proses pengairan dan praktik pindah tanam sayuran hidroponik.

BACA JUGA  Pastikan Pasokan Listrik G20 Aman, PLN Bentuk 5 Posko

“Selain mendatangkan profit, tujuan UMKM ini didirikan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar yang salah satunya dengan memberikan pelatihan hidroponik ini”, kata I Dewa Gede Rai Wijaya selaku Pembina UMKM KWT Srikandi Hidroponik Abianbase.

Sementara itu selaku pihak yang memberikan bantuan TJSL, Manager PT PLN (Persero) UP2B Bali, Mohammad Bachtiar, mengapresiasi kegiatan pelatihan hidroponik ini.

“Tentunya kami sangat bangga UMKM binaan PLN UP2B Bali dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya sebagai pendorong kegiatan ekonomi. Semoga di masa datiang KWT Srikandi Hidroponik Abianbase dapat berkembang lebih maju dan menjadi UMKM percontohan bagi masyarakat yang lebih luas,” ujar Bahctiar.(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *