Hemmen

Wapres Sampaikan Nasihat Pernikahan Kaesang-Erina Gudono

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri akad nikah sekaligus memberikan nasihat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). FOTO:dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin menghadiri akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Pendopo Agung Hotel Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, D.I.Yogyakarta, menyampaikan nasihat pernikahan, Sabtu (10/12/2022).

Dalam taklimat media yang diterima di Jakarta, Sabtu disebutkan bahwa Wapres yang berpakaian adat beskap hitam Surakarta serasi dengan Wury yang mengenakan kebaya tiba di lokasi acara sekitar pukul 12.25 WIB.

Kemenkumham Bali

Terlihat menyambut kedatangan Wapres dan istri, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia masing-masing beserta pendamping.

Di awal rangkaian acara, Wapres dan istri secara khidmat menyimak prosesi adat “Pasrah Tampi” yang dilakukan sebelum prosesi akad nikah, sedangkan prosesi akad nikah sendiri diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh H. Ahmad Nabil Mubaraq.

BACA JUGA  Momen Jokowi-Prabowo Jadi Saksi Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel

Setelahnya, penghulu Muhammad Wiyono dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, bertugas melanjutkan memandu jalannya prosesi akad nikah.

Saat pelaksanaan ijab kabul, kakak Erina Gudono yakni Allen Adam Rinaldi Gudono, bertindak sebagai wali nikah untuk menikahkan adiknya dengan Kaesang Pangarep.

“Ananda Kaesang Pangarep, putra Bapak Haji Joko Widodo, saya nikahkan ananda dengan Erina Sofia Gudono, putri Bapak Haji Mohammad Gudono, nikah untuk ananda sendiri dengan mas kawin berupa seperangkat alat shalat, logam mulia 10, 12, 20, dan 22 gram dan uang tunai sebesar Rp300 ribu dibayar tunai,” ucap Allen.

“Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan mas kawin tersebut dibayar tunai,” jawab Kaesang.

BACA JUGA  Yogyakarta Berencana Setop PTM 100 Persen Karena 2 Siswa SMA Positif Covid-19

Usai dinyatakan sah menjadi suami istri oleh para saksi, penghulu kemudian memberikan buku pernikahan untuk ditandatangani kedua mempelai, wali nikah, saksi dari pihak pengantin pria, dan saksi pengantin wanita.

Setelah penyerahan buku dan kartu pernikahan oleh penghulu kepada kedua mempelai, prosesi dilanjutkan dengan penyerahan mahar.

Usai rangkaian prosesi ijab kabul pernikahan terlaksana, Wapres kemudian memberikan nasihat pernikahan kepada kedua mempelai dan memimpin doa untuk memohon keberkahan hidup berumah tangga bagi kedua pasangan baru ini.

Bertindak sebagai saksi pernikahan dari pihak pengantin pria adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan saksi dari pihak pengantin wanita adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg)  Pratikno. (02/Ant)

Tinggalkan Balasan