Bawaslu Kota Kediri Ajak Masyarakat Awasi Pilkada 2024

Bawaslu Kota Kediri Ajak Masyarakat Awasi Pilkada 2024
Bawaslu Kota Kediri menggelar acara sosialisasi bertajuk "Peran Serta Masyarakat dalam Pengawasan Pemilukada 2024" di IKCC Insumo, Kota Kediri, Senin (28/10/2024).(Foto: Chandra SP)

KOTA KEDIRI-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kediri mengajak elemen masyarakat berperan aktif untuk mengawasi segala bentuk pelanggaran yang terjadi selama gelaran Pilkada Serentak 2024.

Ajakan itu disampaikan dalam acara sosialisasi bertajuk “Peran Serta Masyarakat dalam Pengawasan Pemilukada 2024” itu berlangsung di IKCC Insumo, Kota Kediri, Senin (28/10/2024).

Kemenkumham Bali

“Kami telah menyiapkan Panwascam, PKD, dan akan segera melantik Pengawas TPS (PTPS) yang siap menerima laporan dari masyarakat,” kata Suhartono, Komisioner Bawaslu Kota Kediri Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas (HP2H) dalam keterangannya.

Suhartono menekankan pentingnya keterlibatan publik untuk menjaga kualitas pesta demokrasi.

Sosialisasi tersebut mengundang berbagai pihak, termasuk Organisasi Kepemudaan (OKP), Badan Otonom (Banom), dan elemen masyarakat lainnya untuk meningkatkan partisipasi pengawasan.

BACA JUGA  Muncul Tudingan Satpas SIM Sarang Pungli, Satlantas Polres Magetan Tanggapi Serius

Ia juga menyoroti tantangan dalam menangani berita hoaks di media sosial yang berpotensi memicu pelanggaran pemilu.

“Laporkan jika ada konten dengan unsur pelanggaran, terutama hoaks atau isu SARA,” ujar komisioner KPU Kota Kediri yang biasa disapa Hartono.

Ia pun mengingatkan masyarakat agar proaktif menolak praktik politik uang yang kerap muncul menjelang hari pemungutan suara.

“Kami membuka ruang partisipasi seluas-luasnya agar Pemilukada ini berlangsung lancar dan berkualitas,” pungkasnya.(CN/01)