Bali  

Bangkit dari Pandemi, Pasar Beringkit Gandeng MBC Music Bali Community Gelar Hiburan Rakyat

Pentas seni dan budaya di Pasar Beringkit, Mengwi, Kabupaten Badung, Sabtu (3/12/2022) Foto:One SP

BADUNG, SUDUTPANDANG.ID – Pengelola Pasar Beringkit Mengwi, Kabupaten Badung, bekerja sama dengan “MBC Music Bali Community” menggelar hiburan rakyat di pelataran parkir Pasar Umum Beringkit, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Kabag Perumda Pasar Mangu Giri Sedana, I Nyoman Gede Buana, gelaran pentas seni dan budaya ini sebagai penyemangat bagi para pedagang dan masyarakat.

IMG-20220125-WA0002

“Kita ketahui bersama Pasca PPKM perekonomian masyarakat sangat terdampak, sehingga harus ada upaya dan inovasi untuk menggerakkan kembali ekonomi, salah satu melalui pentas musik, seni dan budaya ini,” ujar I Nyoman Gede Buana, dalam keterangannya.

Ia mengatakan, selain pentas musik yang apik juga menampilkan seni dan budaya kearifan lokal.

“Tentunya bukan Bali namanya bila tidak ada Senin dan budaya. Kita juga menampilkan pertunjukan Calonarang (Keris Sindhi Dharma),” jelasnya.

“Calonarang menceritakan tentang Rama, dalam riwayatnya mengisahkan adanya orang yang baik memusnahkan orang yang buruk atau jahat,” sambung I Nyoman Gede Buana.

Pentas musik, seni dan budaya ini memberikan hiburan tersendiri bagi pedagang serta pengunjung Pasar Beringkit.

“Kami berharap perputaran perekonomian di pasar senggol ini menjadi lebih baik lagi, serta bisa memberikan peluang buat para pedagang untuk meningkatkan penghasilannya,” harapnya.

Kabag Perumda Pasar Mangu Giri Sedana, I Nyoman Gede Buana (Foto:One SP)

Kepada sudutpandang.id, baik pedagang maupun pengunjung pasar mengapresiasi mendapat apresiasi pentas seni tersebut.

“Kami senang dan berikan apresiasi kepada pengurus Pasar Beringkit yang telah melakukan upaya-upaya meningkatkan penghasilan kami sebagai pedagang,” ucap Rio, wanita yang berdagang di Pasar Beringkit.

Ia menilai upaya pihak Perumda telah memberikan angin segar bagi para pedagang yang ada di Pasar Beringkit. Adanya pagelaran musik dan kesenian budaya di pasar tersebut diserbu masyarakat.

Tentunya antusias masyarakat yang luar biasa itu berdampak positif bagi pedagang.

Ide Brilian 

Music Bali Community (MBC)/Foto:One SP

Angga, salah seorang inisiator hiburan rakyat ini, menyebut pagelaran musik, seni budaya merupakan bagian dari inovasi positif Kabag Perumda Pasar I Nyoman Gede Buana.

“Saya senang dengan adanya pemikiran brilian pak Nyoman untuk melakukan penataan musik dan kesenian Calonarang, sebab ini sangat memberikan harapan adanya kemajuan perekonomian UMKM yang ada di Pasar Senggol Beringkit. Saya berharap hal serupa bisa menjadi agenda tetap di pasar ini ke depannya,” harap Angga, yang juga Koordinator MBC Music Bali Community.(One/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *