Hemmen
Kepri  

Gerak Cepat PLN Pulihkan Pasokan Listrik di Natuna

PLN Natuna
Foto:Dok.PLN

NATUNA, SUDUTPANDANG.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) bergerak cepat mengamankan pasokan listrik di Ranai, Kabupaten Natuna, Kamis (27/7/2023).

Sebelumnya, pembangkit listrik Natuna mengalami gangguan yang mengakibatkan sebagian pelanggan PLN mengalami pemadaman pada Rabu (26/7/2023), namun kini secara bertahap PLN melakukan pemulihan kelistrikan sehingga pasokan listrik kembali di nikmati masyarakat.

Kemenkumham Bali

General Manager PLN UIDRKR, Agung Murdifi, menjelaskan, pihaknya langsung menurunkan tim untuk pemulihan dan bekerja secara terus menerus dengan sistem piket untuk segera menyelesaikan perbaikan. Selain itu menambah kapasitas pembangkit dengan mendatangkan mesin dari unit PLN terdekat.

“Puluhan petugas dengan peralatan lengkap diturunkan untuk segera mengupayakan pemulihan sistem kelistrikan Natuna. Hasilnya, secara bertahap pasokan listrik yang sempat terdampak akibat gangguan mulai pulih,” jelas Agung.

BACA JUGA  Mantan Ketua KONI Natuna Diringkus Ditreskrimsus Polda Kepri

Hingga saat ini, Kamis (27/7/2023), PLN juga telah berhasil mengoperasikan tambahan mesin pembangkit sehingga kekurangan daya listrik berhasil diturunkan.

PLN juga melakukan relokasi mesin pembangkit dari unit PLN terdekat untuk penguatan sistem kelistrikan Natuna, sehingga selain bisa segera pulih 100 persen, kondisi sistem menjadi semakin andal.

“Kami sedang melakukan proses relokasi untuk tambahan mesin pembangkit dari PLN Batam dengan kapasitas sebesar 1.000 kW yang saat ini masih dalam proses persiapan pengiriman,” tambah Agung

Sebelumnya pada Selasa (25/7/2023), PLN telah melakukan relokasi mesin dari Palembang dengan kapasitas 3×320 kW untuk memperkuat sistem Natuna. PLN juga merencanakan penambahan pembangkit lagi dengan kapasitas 4.000 kW yang ditargetkan tuntas pada bulan akhir 2023.(PR/01)