Panwascam Pesantren Kota Kediri Gelar Tes Wawancara Calon PTPS

Panwascam Pesantren Kota Kediri Gelar Tes Wawancara Calon PTPS
Salah satu peserta calon PTPS mengikuti tes wawancara oleh anggota Panwascam Pesantren Kota Kediri, Senin (14/10/2024).(Foto:Chandra SP)

KEDIRI-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pesantren Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar tes wawancara calon anggota panitia Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) bertempat di aula serbaguna Kecamatan Pesantren, Senin (14/10/2024)

Ketua Panwascam Pesantren, Kurniawan Wahyu Pratama menjelaskan ada sebanyak 227 calon anggota PTPS yang akan mengikuti tes wawancara, dilaksanakan dua hari mulai 14-15 Oktober 2024.

Kemenkumham Bali

“Sebanyak 227 calon PTPS akan menjalani tes wawancara selama dua hari yang nanti penilaiannya ada lima aspek,” katanya.

Adapun lima aspek penilaiannya yang pertama tentang pengetahuan kepemiluan. Kedua tentang integritas diri, komitmen dan motifasi. Lalu ketiga kemampuan komunikasi dan kerjasama tim. Kemudian empat dan kelima tentang kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi serta kemampuan muatan lokal.

BACA JUGA  Tim Bulutangkis Indonesia Istirahat Penuh Pasca Tiba di Manila

Ia menjelaskan setelah melalui tes wawancara penetapan calon anggota PTPS akan diumumkan pada 23 Oktober 2024.

“Jumlah kebutuhan untuk 15 Kelurahan di Kecamatan Pesantren ada 125 PTPS reguler, dan 1 PTPS di lokasi khusus Pondok Pesantren Wali Barokah, Kelurahan Burengan, total 126 PTPS. Jadi satu TPS akan ditempatkan satu PTPS. Tugasnya melakukan pengawasan hingga penghitungan suara di lokasi TPS masing-masing,” kata Kurniawan.

Sementara itu salah satu peserta tes wawancara dari Kelurahan Pesantren, Puji Rahayu Wijaya mengaku senang mengikuti tes wawancara calon PTPS dan sudah dua kali berpartisipasi menjadi peserta PTPS pada Pemilu 2024 lalu.

“Pesan dan kesan pastinya Pilkada bisa berjalan lancar dan sukses,” katanya.(CN/02)