Hukum  

DPR: Usut Tuntas Dugaan Penyelewengan Bantuan Gempa Cianjur

Gempa Cianjur
Reruntuhan bangunan sekolah di Cianjur pasca diguncang gempa (Dok.Ant)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – KPK menerima aduan masyarakat atas dugaan penyelewengan dana bantuan gempa bumi Cianjur.

Atas aduan tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mendukung KPK mengusut tuntas. Dia meminta KPK mengusut kasus tersebut secara objektif, bebas intervensi, dan transparan.

IMG-20220125-WA0002

“Publik benar-benar membutuhkan kejelasan dari dugaan kasus penyelewengan ini. Tuntut maksimal jika terbukti bersalah dan bersihkan apabila keliru,” kata Sahroni di Jakarta, Rabu (28/12).

Dia menilai kasus korupsi dana bencana, sama saja merenggut banyak nyawa manusia yang seharusnya dapat diselamatkan atau ditolong dengan menggunakan dana tersebut.

Menurut dia, KPK sudah mengingatkan bahwa ada ancaman hukuman mati yang menanti jika masih ada yang berani korupsi dana bencana.

BACA JUGA  Gandeng KPK, Erick Thohir Lanjutkan 'Bersih-Bersih' BUMN yang Bermasalah

“Karena korupsi dana bencana ini sama saja mengorbankan banyak jiwa yang seharusnya bisa diselamatkan. Mereka menggadai nyawa manusia demi kepentingan pribadi atau kelompok, itu sudah parah sekali,” ujarnya.

Sebelumnya, KPK menerima laporan dari masyarakat soal dugaan penyelewengan bantuan untuk penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Setelah kami cek benar ada pengaduan dimaksud. Pelapor maupun materinya tentu tidak bisa kami sampaikan ke publik,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangannya pada Senin (26/12).

KPK memastikan laporan tersebut ditindaklanjuti dengan menelaah dan memverifikasi terlebih dahulu.

“Segera kami tindaklanjuti dengan telaah dan verifikasi untuk memastikan syarat kelengkapan laporan pengaduan. Kami juga lakukan pengayaan informasi terkait hal tersebut,” ucap Ali. (05/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *