Berita  

HUT YM Si Da Thian Wang, Jadi Simbol Pemersatu di Tengah Keberagaman

HUT Si Da Thian Wang
(kiri-kanan) Eddy Sastro, Atonk Putra Sundjoyo, Suhu Wongso Sugiman, Djong Hermanto, dan Andi Hakim/kompasiana

Serpong,SudutPandang.id-Perayaan hari ulang tahun (HUT) Si Da Thian Wang di Vihara Thian Wang Khiung Gading Serpong Tangerang, Jumat (17/1/2020), berlangsung aman dan damai.

Acara yang sudah menjadi agenda tahunan ini, telah menjadi simbol pemersatu masyarakat serta menunjukan bahwa persatuan dan kesatuan tetap terjalin kuat.

IMG-20220125-WA0002

Melalui acara ini juga, membawa pesan damai menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang akan diperingati pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 .

YSN
(kiri-kanan) Andi Hakim, Leonardi Tjhai, Lim Thiam Bun dan Cew Sudimin/kompasiana

“Puji syukur acara semalam dapat berlangsung aman dan damai. Semua ini berkat semua pihak, termasuk masyarakat sekitar Vihara yang menunjukan sikap toleransi yang laur biasa. Melalui acara yang didalamnya terdapat gelaran budaya kita semua bersatu tanpa sekat,” ujar Ketua Umum Yayasan Setia Negara (YSN) Djong Hermanto.

Menurutnya, setiap orang pasti menghendaki kehidupan yang harmonis dan damai. Sebab, perdamaian adalah cita-cita kemanusiaan.

“Kita semua berharap bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain, hidup tenang dan damai, dan bisa menyongsong hari depan yang cerah dengan penuh harapan. Kami di sini ingin terus membawa pesan damai dan senantiasa mendoakan yang terbaik untuk Indonesia,” ucapnya.

“Menjelang Tahun Baru Imlek 2571, mari kita melakukan evaluasi atas apa yang kita lakukan pada tahun ini, sehingga pada tahun baru kita memiliki semangat baru untuk bisa menjadi lebih baik lagi,” pesan Djong Hermanto.

Lelang
Acara lelang/ist

Ketua Umum Persaudaraan Suhu-suhu se-Nusantara KRT. AJM Andi Hakim, SH, mengapresiasi toleransi yang telah ditunjukan masyarakat melalui acara HUT YM Si Da Thian Wang. Advokat senior ini menilai, acara tersebut tidak hanya sekedar perayaan biasa, namun telah menjadi simbol bersatunya komponen bangsa tanpa mengenal perbedaan.

“Dalam acara itu semua berbaur jadi satu, tidak hanya satu etnis, agama atau golongan. Terlihat sikap saling menghargai, dan toleransi. Inilah bukti pengamalan dari nilai-nilai Pancasila yang tetap terjaga di Indonesia,” ujar salah satu Dewan Kehormatan YSN ini.

Acara
Suhu Wongso Sugiman menyampaikan pesan damai untuk semua yang hadir/ist

Tampak hadir Ketua Yayasan Vihara Tridharma Bumi Raya Pemangkat, Ketua Umum Perkumpulan Tionghoa Kalimantan Barat (PTK) Indonesia, Siet Cin Cung yang akrab dikenal Atonk Putra Sundjoyo, Domino bersaudara Djong Siau Khiang dan Djong Siau Kang, dan para tamu undangan lainnya.

“Luar biasa acaranya, semoga rasa kebersamaan ini terus terjaga, kita semua senantiasa hidup damai, sehat dan sejahtera,” ucap Atong Putra Sundjoyo.

YSN
TNI-Polri berserta Tokoh Masyarakat menghadiri acara HUT Si Da Tian Wang/ist

Ketua Panitia Acara, Tio Kheng Meng mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi mensukseskan acara.

“Terima kasih untuk semua, TNI-Polri, dan semua pihak, termasuk para tamu udangan yang hadir, mohon saya tidak bisa sebutkan satu persatu, salam hormat untuk Bapak dan Ibu semua. Kemeriahan acara ini menandakan kita semua bersatu padu untuk melestarikan budaya. Inilah Indonesia, perbedaan bukan lah kendala untuk kita bersatu. Acara malam ini menjadi bukti kita semua bersatu tanpa memandang suku, agama, ras atau golongan,” ucap Tio.(rkm)

Sumber: kompasiana

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.