Plh Sekda Kalbar Minta Seluruh OPD Bersinergi dalam Pelaksanaan SAKIP dan RB

  • Bagikan
Plh Sekda Kalbar Ir. Sukaliman, M.T, saat memimpin simulasi paparan SAKIP dan RB di ruang Praja 2 Kantor Gubernur Kalbar, Sabtu (28/8/2021)/Foto:ist

PONTIANAK, SUDUTPANDANG.ID – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Plh Sekda Prov Kalbar), Sukaliman, meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bekerja sama dalam pelaksanaan simulasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB).

Hal ini untuk mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), khususnya tata kelola pemerintahan yang baik.

Demikian disampaikan Sukaliman, saat memimpin kegiatan Simulasi Paparan SAKIP dan RB yang diikuti seluruh OPD di lingkungan Pemprov Kalbar yang dilaksanakan secara tatap muka dan virtual di Ruang Praja 2 Kantor Gubernur Kalbar, Sabtu (28/8/2021).

“SAKIP dan RB selalu dievaluasi dan direkomendasi oleh Kemenpan-RB RI setiap tahun, sehingga perlu pengerjaan bersama-sama, tidak hanya di masing-masing OPD tetapi juga di pemerintah provinsi secara keseluruhan,” kata Sukaliman.

BACA JUGA  Sutarmidji Minta Masyarakat Penerima SK TORA dari Presiden Soal Ini

Menurut Sukaliman, untuk memenuhi rekomendasi dan arahan mengisi SAKIP dan RB, seluruh OPD harus bersama-sama menyelesaikannya. Ke depan nanti, pengukuran kinerja tidak lagi hanya berdasarkan output dan outcome dari sebuah pekerjaan, tetapi sudah mengarah kepada kolaborasi.

“Walaupun kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita harus terus bekerja menata administrasi. Oleh karena itu, seluruh unsur harus terus bekerja sama. Karena ini merupakan momen untuk menunjukkan bahwa kita akan menuju organisasi yang lebih baik,” ujarnya.(L4Y)

BACA JUGA  Kapolres Kubu Raya Pimpin Patroli Skala Besar dan Bagikan Sembako ke Masyarakat
  • Bagikan

Comment